Pengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Pantai Amal Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Pantai Amal Tarakan

Pengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Pantai Amal Tarakan

Pengarang : Mieya Octaviyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SD Negeri 016 Pantai Amal Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif survei, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa, dengan sampel 30 siswa. Sampel diambil dengan teknik Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian diolah dengan Software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV di SD Negeri 016 Pantai Amal Tarakan. Dengan signifikansi pengaruh ditunjukan oleh t hitung 7.641 > t tabel 2,048. Koefesien korelasi sebesar 0,822 menunjukkan hubungan yang kuat dan searah. Koefisien determinasi menunjukan pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila sebesar 67,6% sedangkan 32,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti kesehatan, bakat, dan motivasi sebagai faktor internal, serta keluarga, sekolah, dan masyarakat sebagai faktor eksternal.

Kata Kunci: Minat Membaca, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

This study aims to determine the influence of reading interest on student learning outcomes in Pancasila Education in class IV SDN 016 Pantai Amal Tarakan. The type of research used is a quantitative survey method, conducted in the even semester of the 2023/2024 academic year. The population in this study was 72 students with a sample of 30 students. Samples were taken by Stratified Sampling technique. Data collection techniques used questionnaires and documentation. The research data was processed using SPSS program version 27. The study results show that there is a positive and significant influence between reading interest on the learning outcomes of Pancasila Education in class IV SDN 016 Pantai Amal Tarakan. The significance of the influence is shown by t-count 7.641 > t-table 2.048. The correlation coefficient of 0.822 indicates a strong and unidirectional relationship. The coefficient of determination shows that the influence of reading interest on learning outcomes of Pancasila Education is 67.6%, while the remaining 32.4% is influenced by other variables such as health, talent, and motivation as internal factors, and family, school, and society as external factors. Keywords: Reading Interest, Learning Outcomes, Pancasila Education

Detail Informasi