
Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri Kota Tarakan
Pengarang : Nur Sindiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) merupakan inovasi kurikulum merdeka yang tujuannya untuk peningkatan kualitas karakter pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SMPN Kota Tarakan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 di SMP Negeri di Kota Tarakan sebagian besar telah sesuai dengan panduan P5 Kemendikbud Ristek, misalnya pada SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 10 Tarakan yang disesuaikan dengan sekolah masing-masing. Namun masih terdapat beberapa sekolah yang masih kurang dalam penyesuaian implementasi P5 berdasarkan panduan P5 Kemendikbud Ristek, misalnya pada SMP Negeri 13 dan SMP Negeri 9 Tarakan pada tahap pembentukan tim fasilitator yang kurang sesuai dan tidak terdapat pelaporan hasil P5.
Kata Kunci : Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMPN Kota Tarakan
The pancasila students profile strengthening projeck (P5) is a merdeka curriculum innovation whose aim is to improve the quality of character in students. This research aims to anylyze the implementation of the pancasila students profile strengthening projeck (P5) at SMPN Tarakan City. The type of research is qualitative with data collection techniques such as interviews, observation, and documentation. Data was analyzed using data reduction techniques, data presentation, and conclusions/verification. The research result show taht the implementation of P5 in SMPN in Tarakan city is largely bye the P5 guidelines of the Ministry of Education and Culture, Research and Technology, for example at SMPN 2 and SMP 10 Tarakan which are adapted to each school. However, there are still several schools that are lacking in adjustments to the implementation of P5 based on the P5 guidelines of the Ministry of Education and Culture, Research anda Technology, for example at SMPN 13 and SMPN 9 Tarakan at the stage of forming a facilitator team that not appropriate and there is no reportaring of P5 results. Keywords: implementation, pancasila students profile strengthening projeck (P5), SMPN Tarakan City