Level Berpikir Geometri Siswa Sekolah Dasar Kelas V Bedasarkan Teori Van Hiele | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Level Berpikir Geometri Siswa Sekolah Dasar Kelas V Bedasarkan Teori Van Hiele

Level Berpikir Geometri Siswa Sekolah Dasar Kelas V Bedasarkan Teori Van Hiele

Pengarang : Nur Fidatul Hasanah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika terutama materi geometri guru sudah menggunakan model serta metode pembelajaran dengan berbagai model tetapi siswa mengalami kesulitan untuk bisa memahami geometri karena terlalu abstrak. Selain itu, siswa tidak mampu mengikuti apa yang di ajarkan oleh guru, karena adanya perbedaan proses berpikir antara siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir geometri siswa sekolah dasar kelas V bedasarkan teori Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan calon subjek 23 kemudian 1 subjek terpilih untuk dijadikan subjek dalam penelitian. Pemilihan subjek tersebut bedasarkan karakteristik level berpikir geometri Van Hiele. Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah tes soal VHGT berupa 25 soal pilihan ganda dan pedoman wawancara. Hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman. Hasil yang didapatkan dari penelitian yaitu 23 siswa yang diteliti ditemukan bahwa terdapat satu siswa yang berada pada level berpikir geometri Van Hiele level 0 (pengenalan), 21 siswa berada pada level pre-0, dan satu siswa lagi tidak dapat ditentukan level berpikirnya atau berada di kategori nofit. Sehingga dapat dikatakan bahwa level berpikir geometri siswa sekolah dasar kelas V masih rendah dan belum mencapai level yang diharapkan untuk siswa SD kelas V yaitu Level 1 (analisis).

Kata Kunci: Teori Van Hiele, Level Berfikir Geometri, Siswa Sekolah Dasar

In the process of learning mathematics, especially geometry material, teachers have used models and learning methods with various models, but students have difficulty understanding geometry because it is too abstract. In addition, students are not able to follow what is taught by the teacher because of the different thought processes between students and teachers. This study aimed to describe the level of geometry thinking of fifth graders based on Van Hiele's theory. The research method used in this study was qualitative research with 23 prospective subjects then 1 subject was selected to be the subject of the study. The selection of the subject was based on the characteristics of Van Hiele's geometric thinking level. The research instruments used were VHGT test questions in the form of 25 multiple choice questions and interview guidelines. The results of the study were then analyzed using the Miles and Huberman model. The results obtained from 23 students studied showed that there was one student who was at level 0 (introduction) of Van Hiele's geometry thinking, 21 students were at pre-0 level, and one more student could not be determined level of thinking or was in the nofit category. Thus, it can be stated that the level of geometry thinking of grade V elementary school students is still low and has not reached the level expected for fifth graders, namely Level 1 (analysis). Keywords: Van Hiele Theory, Geometric Thinking Levels, Primary School Students

Detail Informasi