Eksplorasi Penyelesaian Masalah Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Berdasarkan Fleksibilitas Kognitif | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksplorasi Penyelesaian Masalah Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Berdasarkan Fleksibilitas Kognitif

Eksplorasi Penyelesaian Masalah Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Berdasarkan Fleksibilitas Kognitif

Pengarang : Azzahra Amalia Maulana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kesulitan dalam penyelesaian masalah matematika khususnya dalam materi operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan menimbulkan berbagai persepsi jawaban yang diberikan oleh siswa, baik jawaban benar maupun jawaban yang kurang tepat. Dari kenyataan tersebut diketahui bahwa siswa memiliki kemampuan fleksibilitas kognitif yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penyelesaian masalah pecahan pada siswa kelas V SD ditinjau berdasarkan fleksibilitas kognitif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling dalam menentukan subjek. Adapun instrumen penelitian yang digunakan ialah tes penyelesaian masalah yang berupa esai dan pedoman wawancara, kemudian semua instrumen divalidasi terlebih dahulu oleh validator sehingga layak untuk digunakan dalam penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ialah bahwa subjek mampu menyelesaikan masalah operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan beberapa alternatif jawaban menggunakan berbagai strategi atau teknik penyelesaian yang menghasilkan jawaban sama dan benar di setiap prosesnya. Tahapan penyelesaian masalah yang digunakan adalah tahapan penyelesaian dari Polya dengan 4 tahapan yaitu: Memahami masalah, Menyusun rencana, Melaksanakan rencana, dan Melihat kembali. Proses kognitif yang terlibat meliputi kemampuan dalam memvisualisasikan soal ke dalam bentuk gambar, melakukan trial-and-error (tebak dan periksa), dan menggunakan masalah matematis. Kemudian, didapati juga bahwa fleksibilitas kognitif ditemukan dalam proses atau tahapan penyelesaian masalah menurut Polya yang memunculkan adanya 3 tahapan, yaitu: (1) Memahami masalah, (2) Menyusun rencana, dan (3) Melaksanakan rencana.

Kata Kunci: Penyelesaian Masalah, Fleksibilitas Kognitif, Operasi Hitung Pecahan

Difficulties in solving math problems, especially in the material of arithmetic operations of multiplication and division of fractions, lead to various perceptions of answers given by students, both correct answers and answers that are less precise Of this fact, it is recognized that students have different cognitive flexibility abilities in solving problems. Therefore, the purpose of this study was to explore fraction problem solving in fifth graders viewed from cognitive flexibility The research method used in this research was qualitative research with purposive sampling technique in determining the subject. The research instruments used were problem solving tests in the form of essays and interview guidelines, then all instruments were validated in advance by validators so that they were suitable for use in research. The results obtained from the research are that the subject is able to solve the problem of calculating the multiplication and division of fractions by using several alternative answers and various strategies or solving techniques that produced the same and correct answers in each process The stages of problem solving used were the stages of solving from Polya with 4 stages, namely: understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, and looking back The cognitive processes included the ability to visualize the problem in the form of images, do trial-and-error (guess and check), and use mathematical problems. Then, it was also revealed that cognitive flexibility was found in the process or stages of problem solving according to Polya which raised the existence of 3 stages, namely: (1) understanding the problem, (2) devising a plan, and (3) carrying out the plan. Keywords: Problem Solving, Cognitive Flexibility, Fraction Calculation Operation

Detail Informasi