
Deskripsi Sikap Tanggung Jawab Siswa Pada Proses Pembelajaran Kelas IV-A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan
Pengarang : Dina Mariani Anisa Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tanggug jawab merupakan sikap atau perilaku individu yang mau melaksanakan tugas dan kewajibannya baik terhadap diri sendiri, orang lain, terhadap masyarakat dan negara serta kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap tanggung jawab siswa pada proses pembelajaran di kelas IV A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi yang kemudian dikonfirmasi melalui wawancara. Peneliti mengambil 3 subjek yang sesuai dengan indikator sikap tanggung jawab untuk dilakukan wawancara secara mendalam. Adapaun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek S1 mampu mengerjakan tugas sekolah dengan baik, ikut berpartisipasi dalam penyelesaian tugas kelompok, dan menggunakan waktu secara efektif, (2) subjek S2 mampu menyelesaikan tugas sekolah dengan baik, ikut berpartisipasi menyelesaikan tugas kelompok, dan menggunakan waktu secara efektif, (3) subjek S3 mengerjakan tugas sekolah dengan baik, ikut berpartisipasi penyelesaian tugas kelompok, dan menggunakan waktu secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang memiliki sikap tanggung jawab pada proses pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Tanggung Jawab, Siswa, Kelas IV-A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan
Responsibility is the attitude or behavior of an individual who is willing to carry out his duties and abligations towards himself, other people, society, and the state as well as obligations towards God Almighty. This research aims to describe students’ responsibility attitudes in the learning process of class IV-A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan. The type of research used was descriptive qualitative. Data were collected by making observations which were then confirmed through interviews. The researcher determined 3 subjects who matched the indicators of responsible attitudes to conduct in-depth interviews. The research results show that (1) S1 subjects can do school assignments well, participate in completing group assigments, and use time effectively, (2) S2 subjects can complete school assigments well, participate in completing group assignments, and use time effectively, (3) S3 subjects do school assignments well, participate in completing group assignments, and use time effectively. Therefore, this research shows that there are still students who have a responsible attitude toward the learning process in class. Keyword: Responsibility, Student, Class IV-A1 SDIT Ibnu Abbas Tarakan