
Big Book Cerita Rakyat “Benayuk” Sebagai Media Berkebhinekaan Global Siswa
Pengarang : Nur Hidayah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pengembangan kurikulum salah satu bagian dari proses pengembangan, salah satu muatan pada Profil Pelajar Pancasila yaitu dimensi berkebhinekaan global. Dimensi berkbhinekaan global sangat penting karena salah fondasi utama dalam membentuk pelajar yang siap menghadapi dunia yang semakin terhubung secara global. Siswa yang berkebinekaan global akan lebih memahami mengenai perbedaan agama, budaya, dan latar belakang lainnya, yang membantu mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik dengan teman sebaya dari berbagai latar belakang. Peserta didik dapat mengenal dan mengahargai budaya, menguasai komunikasi dan interaksi antar budaya dan dapat melestaraikan keberagaman budaya. Berhubungan dengan ini dapat menarik minat peserta didik untuk mengenal dan memahami keberagaman budaya yang ada disekitarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Media Big Book yang dikembangkan yang dikemas dalam bentuk pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dari segi kelayakan pada pengembangan Big Book cerita rakyat benayuk sebagai media Berkbhinekaan Global Siswa. Hasil validasi dari ahli media diperoleh persentase sebesar 84% dengan nilai skor 84 termasuk pada kriteria “Layak”, hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 96% dengan skor 73 termasuk pada kriteria “Sangat Layak”. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Big Book sebagai media berkbhinekaan global memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan.
Kata Kunci: P5, Berkbhinekaan Global, Big Book
Curriculum development is an integral part of the overall development process, with one of the key components in the Pancasila Student Profile being the dimension of global diversity. This dimension is crucial as it forms a fundamental foundation in shaping students who are ready to face an increasingly interconnected global world. Students with global diversity will have a better understanding of religious, cultural, and other background differences, aiding them in communicating and interacting effectively with peers from various backgrounds. Students can learn to recognize and appreciate different cultures, master intercultural communication and interaction, and preserve cultural diversity. In relation to this, it can attract students' interest in learning and understanding the cultural diversity around them. This research employs a Research and Development (R&D) approach that produces a product. The developed Big Book is packaged in an engaging learning format. The objective of this research is to evaluate the feasibility of developing the Big Book of the folktale Benayuk as a media for fostering global diversity among students. The validation results from media experts showed a percentage of 84% with a score of 84, categorized as "Feasible," while the validation results from material experts showed a percentage of 96% with a score of 73, categorized as "Highly Feasible." Therefore, it can be concluded that the Big Book as a media for global diversity meets the feasibility criteria for use. Keywords: P5, Global Diversity, Big Book