
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Student Wellbeing Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Tarakan
Pengarang : Harminingsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Student wellbeing merupakan suatu keadaan dimana individu memiliki sikap positif, rasa kepuasaan yang ada dalam dirinya, rasa aman dan tentram, dapat mengembangkan potensi dalam dirinya yang dipengaruhi oleh beberapa lingkungan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan student wellbeing kelas VIII di SMP Negeri 14 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest dengan pendekatan kuantitatif dan populasi siswa sebanyak 33 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel 10 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis Paired Sample T-test menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisi deskriptif pada pretest terdapat 1 kategori tinggi dan posttest terdapat 6 kategori tinggi. Pada hasil analisis data uji Paired Sample T-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima yang artinya bahwa layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan student wellbeing siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Tarakan. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada siswa secara efektif sudah mampu dipahami dan diaktualisasikan guna terpenuhi kebahagiaan dan perilaku kearah positif secara optimal.
Kata Kunci: Student Wellbeing, Layanan Bimbingan Kelompok
within himself, a sense of security and peace, and can develop his potential which is influenced by several environments around him. This study aims to determine the effectiveness of group counselling services in improving student wellbeing class VIII at SMP Negeri 14 Tarakan. This study was Pre-Eksperimental Design research using One Group Pretest-Posstest with a quantitative approach and a student population of 33 students. The sampling technique used is Purposive Sampling with a sample size of 10 students. Data analysis technique used descriptive analysis and inferential analysis with hypothesis testing Paired Sample T-test with SPSS 16.0 for windows. The results of descriptive analysis on the pretest there is 1 high category and posstest there are 6 high categories. On the results of the test data analysis Paired Sample T-test obtained value Sig. (2-tailled) 0.000 < 0.05 then H is H is rejected, and H is accepted, which means that group counselling services are effective in improving student wellbeing class VIII at SMP Negeri 14 Tarakan. This snows that the changes that occur in students can effectively be understood and actualized to fulfil optimal happiness and positive behavior. Keywords: Student Wellbeing, Group Counselling Services