
Pengaruh Teknik Role-Playing Dalam Mengatasi Bullying Verbal Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Nur Salsiyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik role playing dalam mengatasi bullying verbal siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan. bullying merupakan konflik sosial yang dialami oleh sebagian besar siswa dan teknik role play dinilai tepat digunakan karena dengan bermain peran, siswa terdorong untuk mengevaluasi perannya, selain itu juga dapat belajar sosial. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan pre-experiment dan desain group pretest-posttest. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rondom sampling, dengan sampel berjumlah 12 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert tentang bullying verbal. Berdasarkan analisis data menggunakan statistik deskiptif dan inferensial hasil analisis dengan uji data paired sampel t-test ditemukan bahwa nilai sig 0,000 < nilai 0,05 yang artinya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan pengaruh teknik role playing dengan bimbing kelompok dalam mengatasi bullying verbal berpengaruh terhadap bullying verbal siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan.
Kata Kunci: Teknik Role Playing, Bullying Verbal
This research aims to determine the influence of role-playing techniques in overcoming bullying verbal Class VIII students at SMPN 4 Tarakan. This type of research is a quantitative research type, with a pre-experiment approach and pretest-posttest group design. Sampling in this study used purposive sampling, with a sample of 12 students in class VIII. The data collection technique in this research uses a Likert scale of bullying verbal. Based on data analysis using descriptive statistics and inferential. The results of the analysis using the paired sample t-test data test found that the sig value was 0.000 < 0.05, which means that Ha was accepted. So, it can be concluded that the influence of role-playing techniques with group guidance in overcoming bullying verbal influences bullying of students in class VIII of SMPN 4 Tarakan. Keywords: Exchange Rate, Inflation, Interest Rates