Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Dikelas XI SMA Hang Tuah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Dikelas XI SMA Hang Tuah Tarakan

Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Dikelas XI SMA Hang Tuah Tarakan

Pengarang : Febrianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Perilaku asertif merupakan cara seseorang berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain, perilaku asertif juga mencerminkan sikap positif dalam menegaskan diri, dengan fokus pada kepuasan hidup pribadi dan peningkatan kualitas hubungan dengan orang lain. Maka dari itu, perlu diberikan layanan bimbingan kelompok, agar peserta didik dapat mengetahui perilaku mana yang tergolong dalam perilaku asertif. Bimbingan kelompok bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencegahan agar siswa dapat mengetahui perilaku asertif yang rendah. Teknik yang digunakan adalah role playing, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku asertif. Penelitian ini menggunakan desian penelitian Pra Experimen Desain dengan jenis one group pre test and post test design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling dengan jumlah sampel 10 siswa. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon dengan SPSS versi 27.0. Berdasarkan analisis yang disimpulkan bahwa nilai signifikan sebesar (0,005 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh Bimbingan Kelompok melalui role playing terhadap perilaku asertif siswa.

Kata Kunci: Perilaku Asertif, Role Playing, Bimbingan Kelompok

Assertive behavior refers to how an individual engages with others It encompasses a positive mindset and confidently expressing oneself to enhance personal fulfilment and foster better relationships with others Consequently, it is imperative to offer group counseling services to ensure that students are aware of the specific behaviors categorized as assertive Group guidance tries to facilitate comprehension and preemptively address poor assertive conduct to equip students with knowledge The study used the role-playing technique to investigate the impact of group direction on enhancing assertive behavior This study employs a Pre-Experimental Design research methodology, specifically the one-group pre-test and post-test design, utilizing a quantitative approach The sample size for this study consisted of 28 students. The sampling approach employed was Cluster Sampling utilizing a sample size of 10 students. The analysis employed encompasses both descriptive and inferential statistics. The Wilcoxon test with SPSS version 27 0 is employed for hypothesis testing. The study indicated that the p-value is (0.005 < 0.05), indicating a significant effect of Group Guidance through role-playing on students' assertive behavior. Keywords: Assertive Behavior, Role Playing, Group Guidance

Detail Informasi