
Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Instrumen Musik Sape Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Tanjung Selor
Pengarang : Sulistiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Konsentrasi belajar merupakan prilaku fokus atau pemusatan otak dalam melaksanakan aktifitas belajar agar memperoleh hasil yang lebih optimal, Konsentrasi belajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, setiap siswa berharap dirinyadapat berkonsentrasi secara maksimal, Maka dari itu perlu diberikannya media instrument musik sape yangmempunyai irama yang menyenangkan dan membuat tenang dan membuat siswa berkonsentrasi dalam belajar, dengan mengguankan layanan bimbingan kelompok agar peserta didik mampu untuk menggali dan mengembangkan sebuah potensi yang dimilikinya, dengan tujuan agar siswa mampu untuk mengoptimalkan kemampuan dalam dirinya dan membantu siswa untuk mengendalikan emosinya. Penelitian ini menggunakan penelitian Pra Experimen dengan jenis desain perbandingan kelompok statis (The static group comparison design) Pre-test dan Post-test dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 240 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling maka dapat diperoleh sampel berdasarkan pertimbangan peneliti sebanyak 20 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxson dengan SPSS 27.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa nilai signifikan sebesar (0,001 < 0,005) yang artinya terdapat pengaruh Bimbingan Kelompok dengan media istrument musik sape dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Instrumen Musik Sape
Learning concentration is the behavior of focusing or centralizing the brain in carrying out learning activities to achieve optimal results. Learning concentration plays a crucial role in the learning process, with every student hoping to concentrate maximally. Therefore, group counseling services are necessary to help students explore and develop their potential. The media is the same musical instrument that helps students optimize their abilities and emotions. This study employed a pre- experimental research design with a static group comparison design, using pre-test and post-test with a quantitative approach. The population of this study comprised 240 students. The sampling technique used was purposive sampling, resulting in a sample of 20 students divided into two classes: a control class and an experimental class. Data analysis utilized descriptive and inferential statistics. Hypothesis testing was conducted using the Wilcoxon test with SPSS 27.0. Based on the analysis, it was concluded that the significance value was (0.001 < 0.05), indicating that group counseling with the same musical instrument media significantly improves students' learning concentration. Keywords: Learning Concentration, Sape Musical Instrument