Pengembangan Labirin Game Dalam Pemahaman Social Insight Siswa MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Labirin Game Dalam Pemahaman Social Insight Siswa MTs Negeri Tarakan

Pengembangan Labirin Game Dalam Pemahaman Social Insight Siswa MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Carissa Candyanta Kusuma Wardani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Social Insight merupakan kemampuan untuk memahami dan mencari pemecahan masalah yang efektif dalam suatu interaksi sosial, sehingga masalahmasalah tersebut tidak menghambat apalagi menghancurkan relasi sosial yang telah dibangun individu tersebut. Pada hasil observasi ditemukan permasalahan siswa yaitu berkelompok bahkan dalam proses belajar. Dikarenakan adanya kelompok-kelompok tersebut dalam lingkup kelas membuat siswa terjadi kesalah fahaman sehingga menimbulkan perdebatan. Pada saat terjadi perdebatan mereka cenderung enggan memisahkan dan kurang faham menjadi penengah. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa akan pemecahan masalah sosial atau social insight. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dari segi kelayakan pada pengembangan media labirin dalam pemahaman social insight siswa MTs Negeri Tarakan. Peneliti menggunakan uji coba kelompok kecil dengan jumlah 8 orang siswa sebagai responden dan 1 orang guru yang berperan sebagai juri penilai sejauh mana pemahaman siswa terkait sosial insight dan sebagai penunjuk jalannya permainan. Berdasarkan hasil validasi media labirin game maka diperoleh para ahli, hasil rata-rata penilaian oleh para ahli diperoleh penilaian sebesar 88,5% dan rata-rata hasil uji coba sebesar 91% dengan kategori keduanya sangat praktis atau sangat layak digunakan. Sehingga dapat disimpulkan media labirin game dalam pemahaman social insight pada siswa MTs Negeri Tarakan sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Labirin Game, Social Insight, Siswa

Social Insight is the ability to understand and find effective solutions to problems in social interactions, ensuring these problems do not hinder or damage the social relationships an individual has built. Observations revealed that students often encountered problems within group settings, even during learning processes. Misunderstandings within these classroom groups freguently led to debates, during which students were hesitant to mediate or separate, indicating a lack of understanding in social problem-solving or social insight. This research employed a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE model, encompassing the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation stages. The research aimed to determine the feasibility of developing labyrinth game media to enhance the social insight understanding of students at MTs Negeri Tarakan. Small group trials were conducted with 8 students as respondents and 1 teacher acting as an assessor to evaluate the students' understanding of social insight and as a guide to the game. The validation results of the labyrinth game media from experts showed a mean assessment score of 88.5%, and the test results indicated a mean score of 91%, both categorized as very practical and highly suitable for use. Therefore, it was concluded that the labyrinth game media was very suitable to be used in improving the social insight understanding of the students of MTs Negeri Tarakan. Keywords: Labyrinth Game, Social Insight, Students

Detail Informasi