Analisis Penanaman Budaya Sopan Santun Di Kelas 1-B SDN 015 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Penanaman Budaya Sopan Santun Di Kelas 1-B SDN 015 Tarakan

Analisis Penanaman Budaya Sopan Santun Di Kelas 1-B SDN 015 Tarakan

Pengarang : Novi Kristiani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mendeskripsikan Penanaman Budaya Sopan Santun Di Kelas 1-B SDN 015 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang di laksanakan di SDN 015 Tarakan pada Semester Genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini di fokuskan pada peran guru dalam menanamkan budaya sopan santun sumber data dalam penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder dengan informan guru, kepala sekolah, dan data sekunder yaitu siswa kelas 1-B. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berupa lembar wawancara, observasi dan dokumentasi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik, pengarah, dan evaluator sudah berjalan sangat baik dalam menjalani perannya tersebut di lihat dari hasil wawancara dan observasi yang telah di lakukan kepada guru, kepala sekolah, dan siswa dimana guru sebagai pendidik sudah melakukan perannya sebagai pendidik seperti mendidik dengan menggunakan metode yel-yel serta mendidik dengan memberikan contoh kepada siswanya. Sebagai pengarah guru sudah melakukan perannya sebagai pengarah seperti mengarahkan siswa dengan memberikan nasehat agar berbuat hal yang baik terutama dalam bersikap . Sebagai evaluator guru sudah melakukan perannya sebagai evualuator dengan cara mengevaluasi siswanya dan juga memberikan penilaian yang sesuai dengan hasil evaluasinya dan di tulis di rapot. Dan faktor hambatan yang guru dapatkan dalam menanamkan budaya sopan santun di kelas 1-B dimana faktor hambatan terdiri dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang berbeda.

Kata Kunci: Peran Guru, Sopan Santun, Kualitatif, Sekolah Dasar

This research was conducted to describe the cultivation of politeness in class 1-B of SDN 015 Tarakan. This type of research uses qualitative research, carried out at SDN 015 Tarakan in the Even Semester of the 2023/2024 academic year. This research focused on the teacher's role in instilling courtesy. The data sources in this research included primary data and secondary data from teacher informants and school principals, as well as secondary data from class 1-B students. The data collection techniques were interview sheets, observation, and documentation. The results of this research demonstrated that teachers as educators, directors, and evaluators have performed very well in carrying out their roles, as seen from the interviews and observations that have been carried out on teachers, principle, and students where the teacher has carried out his role as an educator, such as educating using the shouting method and illustrating to his students. As a director, the teacher has carried out his role, such as directing students by advising them to do good things, especially in behavior. An evaluator is a teacher who has carried out his role by evaluating his students, providing assessments based on the results of his evaluation, and writing them in the report card. Moreover, the obstacle factors that teachers encounter in instilling courtesy in classes 1-B, where the obstacle factors consist of different family backgrounds and community environments. Keywords: Teacher's Role, Politeness, Qualitative, Elementary School

Detail Informasi