
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Sri Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 11 Tarakan dengan melibatkan 1 guru bimbingan dan konseling dan 1 wali kelas VII, serta analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 11 Tarakan adalah dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, konseling kelompok, konseling individu dan home visit kepada siswa dan membawa perubahan baik dirinya, hingga tujuan dari penelitian ini tercapai, yaitu untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Prestasi Belajar
The purpose of the research was to describe the role of guidance and counseling teachers in improving student learning achievement at SMP Negeri 11 Tarakan. This research used a qualitative method with a descriptive approach. Data were obtained through interviews conducted at SMP Negeri 11 Tarakan involving 1 guidance and counseling teacher and 1 homeroom teacher of class VII, and then data analysis used was data collection, data reduction, data display, and conclusion: drawing or verifying. The resulst of the research showed that the role of counseling guidance taechers in improving student learning achievement at SMP Negeri 11 Tarakan wa by providing classical guidance services, group cunseling, individual counselling and home visits to students and bringing good changes to themselves, until the purpose of the research was achieved, namely, to help studenst in improving student learning achievement. Keywords: Role of Counseling Guidance Teachers, Learning Achievement