
Faktor Penyebab Perilaku Agresi Di SMPN 1 Malinau Barat
Pengarang : Stefani Junita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perilaku agresi di SMPN 1 Malinau Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan melibatkan 4 informan, yaitu 2 peserta didik sebagai pelaku agresi verbal, 1 guru bimbingan dan konseling dan 1 wali kelas IX. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator dalam penelitian ini adalah provokasi, kondisi aversif, isyarat agresi, kehadiran orang lain, karakteristik individu, deindividualisasi, dan pengaruh obat-obat terlarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut mempengaruhi terjadinya perilaku agresi di sekolah, dan peran faktor provokasi sebagai salah satu indikator utama yang memicu agresi verbal. Perilaku agresi tidak hanya berdampak pada individu yang terlibat, tetapi juga dapat mengganggu ketertiban sosial dan merusak kualitas lingkungan secara keseluruhan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor penyebab agresi di lingkungan sekolah dan memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan dan penanganan perilaku agresi verbal di kalangan siswa.
Kata Kunci: Faktor Penyebab, Perilaku, Agresi
This research aimed to identify the factors causing aggressive behavior at SMPN I Malinau Barat. A qualitative method with a descriptive approach was employed Data were collected through interviews with four informants: two students who exhibited verbal aggression, one guidance and counseling teacher, and one homeroom teacher of class IX. The data analysis process included data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Thc research indicators comprised provocation, aversive conditions, signs of aggression, the presence of others, individual characteristics, deindividualization, and the influence of illegal drugs, The findings indicated that these factors significantly influence the occurrence ofaggressive behavior in school, with provocation being one of the main triggers for verbal aggression. Aggressive behavior not only affected the individuals involved but also disrupted social order and degraded the overall quality of the school environment. This research was expected to provide a deeper understanding of the factors causing aggression in the school context and to contribute to efforts aimed at preventing and managing verbal aggressive behavior among students. Keywords: Causal Factors, Behavior, Aggression