Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Di Mr. Fuji Karaoke Dan Café | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Di Mr. Fuji Karaoke Dan Café

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Di Mr. Fuji Karaoke Dan Café

Pengarang : Muh. Ghalib S. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Kota-kota besar di Indonesia pertumbuhan cafe yang menawarkan kopi mengalami persaingan yang amat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik konsumen di Mr Fuji Karaoke & Cafe di kota Tarakan dan Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian kopi di Mr Fuji Karaoke & Cafe. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu, jumlah responden 45 . Penelitian dilakukan di Mr Fuji Karaoke & Cafe. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis karakteristik responden menunjukkan bahwa mayoritas pembeli kopi di Mr. Fuji Karaoke dan Cafe adalah laki-laki (82%), dengan kelompok usia muda seperti Generasi Z dan Milenial awal mendominasi (51%). Meskipun demikian, perilaku pembelian juga terlihat dari kelompok usia yang lebih tua, seperti Milenial dan Generasi X. Selain itu, mayoritas responden memiliki pendidikan SMA (58%) dan pekerjaan kantoran (38%), namun terdapat juga kontribusi signifikan dari kelompok lain seperti mahasiswa, PNS, wiraswasta, dan IRT. Analisis regresi menunjukkan bahwa faktor budaya (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan koefisien regresi sebesar 0.673, dan nilai signifikansi yang sangat rendah (0.000). Hal ini menegaskan bahwa perubahan dalam faktor budaya secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Namun, untuk faktor sosial (X2), meskipun koefisien regresinya (0.056), dan nilai signifikansi yang tinggi (0.646) menunjukkan bahwa faktor sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Terakhir, faktor psikologis (X3) memiliki koefisien regresi (0.148) dan nilai signifikansi (0.126) tidak cukup rendah menandakan bahwa tidak cukup bukti untuk menyimpulkan bahwa faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Faktor-Faktor Kepuasan, Pembelian Kopi, Mr. Fuji Karaoke & Café

In large cities in Indonesia, the growth of cafes that offer coffee is experiencing very intense competition. The purpose of the research is to determine the characteristics of consumers at Mr. Fuji Karaoke & Cafe in Tarakan City and find out what factors influence consumers in buying coffee at Mr. Fuji Karaoke & Cafe. The method of determining the sample in this research used was purposive sampling. The total of respondents is 45. The research is conducted at Mr. Fuji Karaoke & Cafe. The data used consists of primary data and secondary data. The data analysis used is quantitative descriptive analysis and multiple linear regression. Based on the analysis of respondent characteristics, the majority of coffee buyers at Mr. Fuji Karaoke and Cafe are male (82%), with young age groups such as Generation Z and early Millennials dominating (51%). However, older age groups such as Millennials and Generation Xers are also buying. In addition, the majority of respondents have a high school education (58%) and an office job (38%), but there are significant contributions from other groups such as students, civil servants, self-employed, and housewives. The regression analysis shows that cultural factors (X1) have a significant influence on buying decisions (Y), with a regression coefficient of 0.673 and a very low significance value (0.000). This confirms that changes in cultural factors have a significant impact on buying decisions. However, for social factors (X2), although the regression coefficient (0.056) and the high significance value (0.646) indicate that social factors do not have a significant influence on buying decisions. Psychological factors (X3) have a regression coefficient (0.148) and the significance value (0.126) is not low enough, indicating that there is not enough evidence to conclude that psychological factors have a significant influence on buying decisions. Keywords: Satisfaction Factor, Coffee Buyers, Mr. Fuji Karaoke and Café

Detail Informasi