
Hubungan Pengetahuan Dengan Keikutsertaan Ibu Pada Kelas Ibu Balita Di Puskesmas Long Loreh Kabupaten Malinau
Pengarang : Cillina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu upaya yang dilakukan dalam menurunkan angka kematian bayi dan balita yaitu dengan meningkatkan program kesehatan anak, salah satunya adalah mengadakan kelas ibu balita. Kegiatan kelas ibu balita adalah media untuk belajar dalam kelompok tatap muka tentang kesehatan ibu dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu tentang perawatan pada anak usia 0-5 tahun dan perawatan bayi baru lahir melalui praktik menggunakan buku KIA (Maternal and Child) Kesehatan). Di Puskesmas Long Loreh masih kurangnya partisipasi ibu dalam kegiatan kelas ibu balita sehingga kelas menjadi kurang efektif. Selama ini tingkat kehadiran ibu balita pada saat penyelenggaraan kelas hanya sekitar 7 orang (50% ) yang hadir dari total ideal jumlah peserta yaitu 15 peserta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan keikutsertaan ibu pada kelas ibu balita. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Long Loreh, dengan metode penelitian bersifat kuantitatif. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan design cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia 0-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Long Loreh sejumlah 86 ibu. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Sehingga didapatkan responden sebanyak 46 ibu. Responden diberikan kuesioner untuk menilai tingkat pengetahuan ibu tentang kelas ibu balita, analisis bivariat menggunakan chis square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan ibu tentang kelas ibu balita dengan keikutsertaan ibu dalam kelas ibu balita dengan menilai P-Value 0,001 < 0,05. Penelitian ini diharapkan memberi kontribusi terhadap petugas kesehatan khususnya puskesmas hendaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya ibu balita agar mengikuti kelas ibu balita untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam merawat dan mengasuh anaknya.
Kata Kunci: Pengetahuan, Keikutsertaan, Kelas Ibu Balita
One of the efforts made to reduce infant and under-five mortality rates is to improve child health programs, one of which is to hold toddler mother classes. The toddler mother class activity is a medium for learning in face-to-face groups about maternal health with the aim of increasing mothers’ knowledge and skills about care for children agen 0-5 years and newborn care through practice using the KIA (Maternal and Child Health) book. At the Long Loreh Health centre, there is still a lack of maternal participation in toddler mother class activities, so the class becomes less effective. So far, the attendance rate of toddler mothers during the classimplementation is only about 7 people (50%) present out of the ideal total number of participants, which is 15 participants. The purpose of this study was to determine the relationship between the level of knowledge and maternal participation in toddler mother class. This study was conducted at the Long Loreh Health Centre using a quantitative research method. The type of research is descriptive-analytic with a cross-sectional design. The population in this study were mothers who had children aged 0-5 years in the work area of the Long Loreh Health Centre, totaling 86 mothers. The sampling technique used was random sampling. So, 46 respondents were obtained. Respondents were given a questionnaire to assess the level of maternal knowledge about toddler mother classes, and bivariate analysis was performed using chi-square. The results showed that there was a relationship between maternal knowledge about toddler mother classes and maternal participation in toddler mother classes by assessing the P-value 0.001 < 0,05. This study is expected to contribute to health workers, especially health centres, socializing with the community, especially toddler mothers, and attending toddler mother classes to increase maternal knowledge in caring for their children. Keywords: Knowledge, Participation, Toddler Mother Class