
Studi Kerusakan Jalan Dengan Metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Dan Rencana Pemeliharaan Pada Jalan Amal Lama Sta 0±000 S/D 2±000
Pengarang : Firdaus Maulana Iqbal - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Ruas Jalan Amal Lama Kota Tarakan merupakan jalan yang setiap harinya dilalui oleh kendaraan dengan mobilitas dan aksebilitas kegiatan social ekonomi yang cukup ramai, jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang dapat menganggu keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis, dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei secara langsung untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Pd 01-2016-B. Pada ruas Jalan Amal Lama STA 0±000 s/d 2±000 didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, jembul dan penurunan, depresi, retak tepi, retak refleksi pada sambungan, tambalan, pengausan ageregat, lubang, sungkur, dan pelapukan/pelepasan butir dengan nilai IKP yang diperoleh yaitu 52,056 yang dikategorikan jelek (poor). Penanganan yang dilakukan mengacu kepada aturan Standar Perbaikan Direktorat Jendral Bina Marga 1995 dengan kode perbaikan berupa P2 (pengaspalan), P4 (pengisian retak), P5 (penambalan lubang), P6(perataan).
Kata Kunci : Jenis kerusakan jalan, tingkat kerusakan jalan, Indeks Kondisi Perkerasan (IKP).
Amal Lama Road section in Tarakan city is traversed daily by vehicles with fairly busy social and economic mobility and accesbility. This road is often used by vehicles, resulting in road damage that can disrupt the safety and comfort of road users. This study aims to determine the road section’s dimensions, types, and levels of damage. This study was conducted by direct survey to obtain primary data to be used as a reference for pavement maintenance handling. The Pavement Condition Index (IKP) method is used Pd 01-2016-B. On the Amal Lama Road section STA 0±000 to 2±000, the types of damage found were alligator cracks, bumps and dips, depressions, edge cracks, reflection cracks at joints, patches, aggregate wear, potholes, rutting, and weathering/particle loss with an IKP value of 52.056, which is categorized as poor. The handling carried out refers to the Directorate General of Highways 1995 Repair Standard with repair codes in the form of P2 (asphalting), P4 (crack filling), P5 (pothole patching), P6 (levelling). Keyword : Types of road damage, level of road damage, Pavement Condition Index (IKP).