Studi Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Slamet Riadi, Kampung Bugis, Kecamatan Tarakan Barat, Kalimantan Utara) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Slamet Riadi, Kampung Bugis, Kecamatan Tarakan Barat, Kalimantan Utara)

Studi Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Slamet Riadi, Kampung Bugis, Kecamatan Tarakan Barat, Kalimantan Utara)

Pengarang : Ani Andriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Seiring dengan berkembangnya Kota Tarakan, kebutuhan kendaraan akan semakin meningkat di setiap saat yang tidak diikuti dengan bertambahnya kapasitas jalan dan dapat mengakibatkan hambatan samping dan kinerja ruas Jalan Slamet Riadi tidak sesuai dengan kapasitasnya. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data volume kendaraan, data hambatan samping, serta data geometrik jalan. Lokasi penelitian dilakukan pada Jalan Slamet Riadi sepanjang 200 Meter pada hari Senin – Rabu. Untuk survey volume lalu lintas dan hambatan samping dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mencatat setiap kendaraan yang melintas berdasarkan klasifikasi kendaraan, dan juga jenis hambatan samping di sepanjang titik yang telah di tentukan. Dari hasil analisis yang diperoleh jumlah arus lalu lintas tertinggi total dua arah mencapai 1289,85 smp/jam, besarnya nilai hambatan samping yang terjadi mencapai 736,5 kejadian /jam, dimana nilai hambatan samping yang besar dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan, dan nilai kapasitas jalan sebesar 2011,37 smp/jam, serta besarnya kecepatan yang di dapatkan sebesar 26,3 km/jam yang mengakibatkan kecepatan kendaraan pada Jalan Slamet Riadi mulai terganggu, dan hal tersebut menghasilkan derajat kejenuhan sebesar 0,63134 sehingga masuk kedalam kategori tingkat pelayanan jalan dengan skor C. Untuk meningkatkan kecepatan kendaraan pada ruas jalan ini, dapat dilakukannya solusi untuk mengurangi hambatan samping seperti menghilangkan kendaraan parkir dan berhenti di badan jalan serta mengurangi pejalan kaki agar lebar efektifitas jalan bertambah. Sehingga tingkat pelayanan jalan menjadi kategori B.

Kata Kunci: Hambatan Samping, Kapasitas Jalan, Kinerja Ruas Jalan

Along with the development of Tarakan City, the demand for vehicles is continuously increasing. However, this rise in vehicle numbers is not matched by an increase in road capacity, leading to side obstacles and a decline in the performance of Jalan Slamet Riadi. This study used data on vehicle volume, side obstacles, and road geometry. The research was conducted along a 200-meter stretch of Jalan Slamet Riadi from Monday to Wednesday. Traffic volume and side obstacles were manually surveyed by recording each passing vehicle based on classification and identifying the type of side obstacles at designated points. The analysis revealed that the highest total traffic flow on the two-way road section reached 1289.85 pcu/hour. Side obstacles occurred at a rate of 736.5 events/hour, which significantly affected road performance. The road's capacity was found to be 2011.37 pcu/hour, with an average vehicle speed of 26.3 km/hour, indicating a disruption in traffic flow. This situation resulted in a degree of saturation of 0.63134, classifying the road service level category at a score of C. To improve vehicle speed and overall road performance in this section, it is recommended to reduce side obstacles by eliminating on-road parking and stopping, and minimizing pedestrian interference. These measures would effectively increase the road width, thereby enhancing the level of service to category B. Keywords: Side Obstacles, Road Capacity, Road Section Performance

Detail Informasi