
Studi Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan (On-Street-Parking) Terhadap Kinerja Jalan Lalu Lintas Pada Jalan Kusuma Bangsa (Studi Kasus STB Market)
Pengarang : Rahmat - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu aktifitas penyebab kemacetan adalah parkir di badan jalan yang mempengaruhi kinerja ruas jalan, studi ini dilatarbelakangi kemacetan yang diakibatkan kegiatan parkir kendaraan pada badan jalan dikawasan jalan Kusuma bangsa. Di ruas jalan ini terjadi pengurangan lebar jalur lalu lintas akibat aktifitas parkir dibadan jalan (on-street parking), Pengaruh yang terjadi akibat aktifitas parkir dibadan jalan (on-street parking) membuat kecepatan menurun walaupun arus kecepatan masih stabil diangka 47km/jam, sedangkan untuk kapasitas ruas jalan menjadi berkurang diangka 2702,6 smp/jam, dan hambatan samping yang sangat tinggi yaitu, 929,7 kejadian/jam. Dengan ciri – ciri khusus Daerah Komersial, ada aktivitas pasar sisi jalan. Berdasarkan hasil data analisis yg ditelah dilakukan, nilai Tingkat pelayanan dijalan Kusuma bangsa dikategori B dengan kondisi jalan Arus stabil kecepatan sedikit terbatas oleh lalu lintas, volume pelayanan yang dipakai untuk design jalan luar kota. Dengan demikian dapat disimpulkan aktifitas parkir dibadan jalan mengakibatkan menurunnya kapasitas ruas jalan dan kinerja ruas jalan
Kata Kunci: Pengaruh parkir di badan jalan, kapasitas jalan, Tingkat pelayanan
One of the activities that causes congestionis on-street parking which affects the performance of road section. This study is motivated by congestion caused by vehicle parking activities on the road in the Kusuma Bangsa road area. in this road section there is a reduction in the width of the traffic lane due to on-street parking activities. The activities decreas the speed of vehicles, although the speed flow remains stable at 47km/h, the capacity of the road section is reduce to 2702.6 smp/hour, and there are very high side obstacles, namely, 929.7 events/hour. the unique characteristics of Commercial area give rise to roadside market activities. The analysis result indicate that the level of service on the Kusuma Nation road is in categorized as B, with road conditions that allow for a stable traffic flow at a slightly limited speed, the volume of service used for the design outside the city is commensurate with the conditions as mentioned earlier. It is reasonable to concluded that on-road parking reduces the capacity and performance of road section. Keyword: Impact of on-street parking, road capacity, and service level.