
Pengembangan Media Atlas Berdasarkan Kajian Jenis-Jenis Kantong Semar (Nepenthes Sp.) Di Kawasan Hutan Lindung Kota Tarakan
Pengarang : Nur Aisyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Atlas merupakan media pembelajaran yang menyampaikan foto-foto lengkap dan berwarna. Dalam penelitian ini, atlas yang dikembangkan berupa atlas Nepenthes sp. berdasarkan kajian jenis-jenis kantong semar di kawasan hutan lindung kota Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan atlas Nepenthes sp. yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap media yang dikembangkan. Dengan subjek penelitian: validator ahli media, ahli materi, ahli praktisi dan mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Borneo Tarakan. Instrument penelitian yang digunakan merupakan lembar validasi dan angket respon mahasiswa dengan skala uji coba terbatas. Hasil validasi Ahli media terhadap Atlas Nepenthes sp., dengan persentase sebesar 84% (Kategori Layak), validasi Ahli materi terhadap Atlas Nepenthes sp., dengan persentase sebesar 80% (Kategori Layak), validasi ahli praktisi terhadap Nepenthes sp., dengan persentase sebesar 82% (Kategori Layak) dan hasil dari angket respon mahasiswa terhadap Atlas Nepenthes sp., dengan persentase sebesar 85% (Kategori Sangat Menarik). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa Atlas Nepenthes sp., layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran di jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan.
Kata Kunci: Atlas Nepenthes sp., Validasi Ahli, Respon Mahasiswa
Atlas is a learning media that conveys complete and color photos. In this research, the atlas developed in the form of Nepenthes sp. based on a study of Kantong Semar types in protected forest area of Tarakan city. This study aimed to produce an atlas of Nepenthes sp. which is suitable to be used as a learning media and to find out how students respond to the media developed with research subjects of the expert validators of media, material, practitioner and students majoring in Biology Education Department, Universitas Borneo Tarakan. The research instruments used are validation sheets and student response questionnaires with a limited trial scale. The results of validation of the media expert on Atlas Nepenthes sp., with a percentage of 84% (Eligible Category), the validation of the material expert on Atlas Nepenthes sp. with a percentage of 80% (Eligible Category), validation of practitioner experts on Nepenthes sp. with a percentage of 82% (Feasible Category) and results from student response questionnaires to Atlas Nepenthes sp. with a percentage of 85% (Very Interesting Category). These criteria illustrate that Atlas Nepenthes sp. was feasible and interesting to be used as a learning media in Biology Education Department of Universitas Borneo Tarakan Keywords: Atlas Nepenthes sp., Expert Validation, Student Response.