
An Analysis Of Students’ Difficulties In Reading Comprehension At Second Semester Students Of English Education Department Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Masriana Kewa Binti Kabiran - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan tentang "Kesulitan Pemahaman Membaca pada Mahasiswa Semester Kedua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan". Penelitian ini berfokus pada kesulitan pemahaman mahasiswa dalam membaca. Dalam penelitian ini, peneliti mengidentifikasi faktor masalah dengan melihat beberapa indikator, yaitu membaca kata, kefasihan, kosakata dan pengetahuan. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berusaha menggambarkan suatu fenomena dan permasalahan dengan menarik suatu kesimpulan secara lisan maupun tulisan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 7 orang mahasiswa semester dua kelas A2 sebagai informan. Sedangkan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Peneliti menggunakan tiga tahapan utama dalam menganalisis data penelitian, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Dari hasil analisis data, peneliti menemukan permasalahan mahasiswa dan penyebab permasalahan dalam pemahaman membaca mahasiswa yaitu kurangnya kosakata dan pengetahuan kata menjadi kendala utama dalam membaca sehingga hal ini mempengaruhi aspek lain seperti pembacaan kata dan kefasihan, hal ini akan menjadi sedikit lebih sulit ketika seorang mahasiswa merasa malu atau ragu-ragu saat diperintahkan oleh dosen untuk mendiskusikan hasil bacaannya. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti menarik satu kesimpulan yaitu kurangnya kosakata yang dimiliki oleh mahasiswa dan keingintahuan mereka terhadap kosakata baru atau tidak memperkaya kosakata.
Kata kunci: Mahasiswa, Kesulitan, Membaca, Pemahaman
In this research, the author describes the "Reading Comprehension Difficulties of Second Semester Students of the English Education Department at Universitas Borneo Tarakan." This study focuses on the student's difficulties in reading comprehension. The researcher identified problem factors by examining several indicators: word reading, fluency, vocabulary, and knowledge. This study employed a qualitative method with a descriptive approach, aiming to describe a phenomenon and problems by concluding both verbally and in writing. The researcher selected seven students from the second semester of class A2 as informants. For data collection, the researcher used observation and interviews as research instruments. The researcher utilized three main stages in analyzing the research data: data reduction, data presentation, and conclusion verification. The analysis revealed that the student's primary issues in reading comprehension were the lack of vocabulary and word knowledge. These problems affected other aspects like word reading and fluency. This issue becomes more challenging when the students feel embarrassed or hesitant when they are asked by the lecturer to discuss their reading results. Based on these findings, the researcher concluded that the main issue is the lack of students' vocabulary and the effort to enrich it. Keywords: Students Difficulties, Reading Comprehension