
Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas IV SD
Pengarang : Asriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran berbasis kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru dalam mengaitkan antara materi pelajaran dengan konsep kehidupan nyata siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul pembelajaran tematik berbasis kontekstual untuk menambah sumber belajar dan refrensi guru dalam proses pembelajaran pada materi teks prosedur, manfaat energi dan sumber daya alam pada kelas IV. Kelayakan media pembelajaran dan keefektifan terhadap media yang dikembangkan menjadi tujuan utama dalam mengembangakn model pembelajaran ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan sebuah produk dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil validasi ahli materi diporeleh 80%, termasuk kategori layak, ahli media diperoleh sebesar 84%, termasuk kategori sangat layak, ahli Bahasa diperoleh sebesar 87%, termasuk kategori sangat layak, ahli praktisi diperoleh sebesar 95%, termasuk kategori sangat layak, serta tes soal diperoleh sebesar 84%, termasuk kategori sangat layak. Hasil tes soal yang dikerjakan peserta didik pada uji coba terbatas diperoleh sebesar 78%, termasuk kategori efektif dan pada uji coba lapangan diperoleh sebesar 91,15%, termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil uji validasi serta uji coba keefektifan, maka modul pembelajaran tematik berbasis kontekstual dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran Tematik, Model 4-D, Penelitian dan Pengembangan
Contextual learning is a learning concept that can help teachers is associating the subject matter with student real-life concepts. This research was conducted to develop the contextual-based thematic learning process on peocedural to add learning resources and teachers’ references in the learning process on procedural text materials, energy benefits and natural resources in grade IV. The feasibility of learning media and the effectiveness of the media developed are the main goals in developing this learning model. The type of research is Research and development which aimed to produce a product with a 4-D model consisting of for stages, namely define, design, develop, and disseminate. The results of the validation of material experts ware 80% including the feasible category, media eksperts obtained 84% including the very feasible category, linguists obtained 87% including the very feasible category. And dhe questionthe obtained 84% including the very feasible category. The result of the test questions carried out by students in the limited trial ware obtained by78% including the category of very effective. Based on the validation test and effectiveness test, the contextual-based thematic learning module was declared feasible and effective to be used in the learning process. Keywords: Thematic Learning Module, 4-D Model, Research And Development