
Pengawasan Pengelolaan Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kota Tarakan
Pengarang : Arifandy Suryanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pengelolaan parkir di Tepi Jalan Umum di Kota Tarakan merupakan salah satu masalah umum yang dihadapi oleh masyarakat. Parkir di tepi jalan umum dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas, kesulitan dalam bergerak, dan biaya lebih. Kurangnya kesadaran dari masyarakat serta kurangnya perhatian dan pengawasan dari pemerintah menyebabkan pengelolaan parkir di tepi jalan umum kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme serta faktor-faktor apa saja yang mempengarahui pengelolaan parkir di tepi jalan umum di Kota Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode normatif yaitu dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan, dan pendekatan konseptual. Penelitian skripsi ini menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Bahan hukum primer yaitu peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penelitian. Bahan hukum sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan karya ilmiah. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir di tepi jalan umum di atur dalam Keputusan Walikota Tarakan Nomor 003/HK-XII/495/2021 Tentang Penyelenggaraan Parkir di Tepi Jalan Umum memberikan kewenangan kepada Dinas Perhubungan untuk mengelola parkir di tepi jalan umum, selanjutnya Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Perumda Tarakan Usaha melalui mekanime Perjanjian kerja sama. Kemudian Perumda Tarakan aneka usaha diberikan kewenangan untuk mengurus dan menunjuk juru parkir sendiri sesuai dengan aturan yang berlaku. Juru parkir tersebut nantinya melaksanakan perparkiran sesuai dengan titik parkir yang telah ditentukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan parkir di tepi jalan umum adalah faktor regulasi, kurangnya kesadaran juru parkir atas tugas dan kewajibannya, kurangnya kesadaran pengguna parkir, maraknya juru parkir luar dan fasilitas parkir yang masih belum memadai dalam penyelenggaraa parkir di tepi jalan umum.
The management of street-side parking in Tarakan is a common issue thecommunity faces. Street-side parking can cause traffic congestion, movement difficulties,and increased costs. The lack of public awareness and insufficien tattention and supervision from the government result in ineffective street-sideparking management. This study aimed to determine the mechanisms and factors influencing street-side parking management in Tarakan. The research method used is normative,employing legislative and conceptual approaches.This thesis research utilizes primary legal materials and secondary legal materials. The primary legalmaterials include relevant legislation. Secondary legal materials are obtained from books, journals, and scientific works. The research findings indicate that street-side parking management is regulated by Tarakan Mayor's Decree Number 003/HK-XII/495/2021 on the Street-Side Parking Administration, which grants the authority to the Department of Transportation to manage street-side parking. The Departmentof Transportation cooperates with Regional State-Owned Enterprise Tarakan through a cooperation agreement mechanism. Subsequently,Tarakan Regional Public Company for Various Enterprises is authorized to execute and appoint its parking attendants by applicable regulations. These parking attendants will then operate parking services according to designated parking spots. Factors influencing street-side parking management include regulatory factors, the need for more awareness among parking attendants of their duties and responsibilities, the lack o fawareness among parking users, the prevalence of unauthorized parking attendants, and inadequate parking facilities in the administration of street-side parking.