
Analisis Penyebab Keterlambatan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Di Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Nava Urbach - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab keterlambatan mahasiswa jurusan pendidikan biologi FKIP UBT dalam menyelesaikan Skripsi. penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan desktriptif kuantitatif, dalam penelitian ini, mengunakan metode yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan biologi FKIP UBT yang berjumlah 106 orang. Jumlah sampel penelitian 70 orang yang diambil dengan memakai gambar nomogram Harry king dengan tingkat ketelitian kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampelnya adalah probability sampling. Pengumpulan data mengunakan Angket dan wawancara sebagai pendukung dengan model skala likert. Data dianalisis dengan perhitungan nilai persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek motivasi berada pada kategori tinggi dengan persentase 74%, aspek kecerdasan berada pada kategori tinggi dengan persentase 67%, aspek aktivitas berada pada kategori tinggi dengan persentase 69%, aspek ketersedian sumber belajar berada pada kategori tinggi dengan persentase 66%, aspek dosen pembimbing berada pada kategori tinggi dengan persentase 72%,aspek teman sebaya berada pada kategori tinggi dengan persentase 61%, dan aspek keluarga berada pada kategori tinggi dengan persentase 66%.
Kata kunci: Keterlambatan, Menyelesaikan Skripsi, Pendidikan Biologi
The objective of this research was to analyze the causes of delays among biology education students at FKIP UBT in completing their theses. This research employed a quantitative descriptive approach, utilizing a survei method. The population comprised 106 biology education students at FKIP UBT, with a research sampel of 70 students selected using the Harry King nomogram image, ensuring an error accuracy rate 5%. The sampling technique used was probability samping. Data were collected through questionnaires using a likert scale model and supported by interviews. The data were analyzed by calculating percentage values. The findings indicated that all aspects were categorized as high: motivasi (74%), intelligence (67%), activity (69%), availability of learning resources (66%) surpervision (72%), peer influence (61%), and family support (66%) Keywords: Delay, Completing Thesis, Biologi Education