
Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Di SDN 001 Tanjung Palas Utara
Pengarang : Trivena - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bermaksud un tuk mengetahui bagaimana kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas III di SDN 001 Tanjung Palas Utara. Kesulitan belajar merupakan suatu persoalan yang umum yang terjadi pada siswa dalam akademisnya, begitu juga dengan kesulitan membaca menjadi permasalahan utama di kalangan sekolah dasar. Dalam penelitian metode ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah peneliti sendiri. Peneliti berperan sebagai alat untuk pengumpulan data pada penelitian kualitatif disebabkan karena peneliti yang melihat, menilai dan merasakan yang terjadi pada subjek penelitian dan pada lokasi penelitian. Instrumen pedukung dalam penelitian ini yaitu tes yang digunakan pada saat penelitian di lokasi penelitian. Dari hasil penelitian yang dilakuan pada siswa dan siswi kelas III SDN 001 Tanjung Palas Utara, yang berjumlah 11 siswa dapat diketahui yang mengalami kesulitan dalam pengenalan suku kata dan membaca berjumlah 2 orang, dan yang kesulitan dalam membaca kalimat berjumlah 1 orang. Sebagian besar siswa dan siswi masih kesulitan dalam pengenalan beberapa huruf. Siswa dan siswi memiliki kesulitan ketika melihat huruf yang bentuknya mirip seperti pada huruf i dan l. Pada pengkajian kalimat siswa masih kesulitan ketika mendapatkan suku kata sya,syu, nya. Hal tersebut disebabkan karena beberapa faktor yaitu dukungan keluarga, kurangnya pemahan siswa dan siswi terkait kosa kata serta siswa tersebut tidak fokus saat dilakukan penilaian. Perlunya menggunakan metode yang bervariasi saat melakukan proses pembelajaran sehingga siswa dan siswi tidak merasa bosan saat proses pembelajaran. Adapun beberapa temuan yang didaptkan peneliti saat berada di lokasi penelitian yaitu pemahaman membaca siswa dan siswi merupakan tanggung jawab dari pihak guru, kurangnya pemahaman orang tua mengenai dukungan pihak keluarga terkait kecakapan dalam membaca anaknya.
Kata Kunci: Kesulitan Membaca Permulaan, Faktor Penyebab
This study aimed to determine the beginning reading diffilties of third grade student of SDN 001 Tanjung Palas Utara. Learning difficulties are a common problem that occours in student in their academics, as well as reading difficulties are a common being a major problem among elementary schools. This researcher used a qualitative approach. The research instrument was the researcher herself. The researcher acted as a tool for data collection in qualitative research because the researcher saw, assessed and felt what the research subject experienced and occurred at the research location. The supporting instrument was the test conducted during research at the research location. Regarding the results of research, carried out on 11 third grade students of SDN 001 Tanjung Palas Utara, it is revealed that there were 2 students who had diffulty in syllable recognition and reading, and 1 student who had diffulty in reading senteces. Most student still have difficulty in recognizing some latters, which are similar in shape such as the letters i and l. In sentence assessment, student still had diffulty when getting the syllables sya,syu, and nya. This was caused by several factors, namely family support, lack of student understanding of vocabulary, and student’s lack of focus during assessment. Thus, using a variety of methods during the learning procces are recomdende, so that students do not feel bored. The further findings obtained bye the researcher at the research location were that student reading comprension was the responbility of the techer, and a lack of understanding of parents regarding family support related to their children’s reading skills. Keywords: Beginning Reading Difficulties, Causal Factor