
Analisis Pelaksanaan Penilaian Oleh Guru IPA SMP Kelas VII Di SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Irma Vand Fictorya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik. Penilaian merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk memperoleh informasi secara objektif, berkelanjutan, menyeluruh tentang proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian oleh guru IPA kelas VII di SMP Negeri 7 Tarakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru IPA. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pada proses penilaian meliputi aspek perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian dan evaluasi penilaian pada aspek jenis penilaian guru telah melaksanakan penilaian pada tahap penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan adapun jenis penilaian yaitu penilaian tertulis, penilaian sikap, penilaian kelompok, penilaian diri sendiri, penilaian praktikum dan penilaian tugas, dan pada waktu penilaian guru melakukan penilaian proses dan penilaian hasil. Kendala guru dalam pelaksanaan penilaian pada pembelajaran ini adalah keterbatasan waktu dalam pelaksanaan penilaian, banyaknya kriteria dan komponen penilaian yang harus dilaksanakan dalam penilaian dan dalam menentukan indikator serta membuat rubik penilaian masih sulit untuk dilakukan.
Kata Kunci: Analisis, Penilaian
Assessment is the process of collecting and processing information to determine the learning needs and developmental achievements or learning outcomes of students. Assessment is an activity carried out by teachers to obtain objective, continuous, comprehensive information about learning processes and outcomes. This research aimed at SMP Negeri 7 Tarakan. The method in this research was qualitative descriptive research. The subject in this research was a science teacher. Data collection techniques through interview and drawing conclusions. As a result, the assessment process included aspects of planning, implementation and evaluation. In the aspect of assessment the teacher carried out assessment at the attitude, knowledge, and skills. Besides, the types of assessment were writing, attitude, group, self-assessment, practicum, and assignment. The teacher carried out the process and results assessment. However, the challenges for teachers in implementing assessments in this lesson were inadequate duration in carrying out assessments. Many assessment criteria and components that must be implemented in the assessment determine the challenging processes to create indicators and assessment rubrics. Keywords: Analysis, Assessment