
Peran Guru PJOK Dalam Menunjang Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas IV Di SD Negeri 032 Tarakan
Pengarang : Dikson Pilipus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Ranah psikomotorik merupakan kawasan yang berkaitan dengan aspek - aspek keterampilan yang melibatkan fungsi sistem syaraf dan otot (neuronmuscular system) dan fungsi psikis, dalam pendidikan jasmani ranah psikomotorik meliputi pencapaian dalam keterampilan, kemampuan bermain dan kesegaran jasmani siswa. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Dalam melakukan analisis data ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi data (conclusion drawing). Hasil Penelitian ini berupa peran guru PJOK sebagai pendidik dituangkan melalui karakteristik nilai moral pada materi bola voli, kemudian peran guru PJOK sebagai pembimbing yaitu memberikan arahan dalam melaksanakan teknik dasar bola voli dan kebermnfaatannya bagi kesehatan, selanjutnya peran guru PJOK sebagai demonstator seperti memberikan contoh teknik dasar yang sesuai dengan teori pembelajaran permainan bola besar yaitu bola voli, dan peran guru sebagai fasilitator yaitu guru PJOK menyiapkan sarana dan prasarana pendukung praktik pembelajaran, serta sebagai evaluator guru PJOK terlibat dalam penilaian psikomotorik dengan rincian imitasi manipulasi presisi artikulasi naturalisasi dan terpenuhi hanya pada presisi melalui kegiatan pasing bawah dalam permainan bola voli dan terpenuhinya pada artikulasi berupa kegiatan servis bawah permainan bola voli. Adapun factor pendukung yaitu dilaksanakannya kegiatan ekstrakulikuler, lomba 02SN dan senam rutinitas setiap hari jum’at yang diagnedakan oleh sekolah diluar jam pembelajaran. Adapun factor penghambat bagi kemampuan psikomotorik siswa yaitu factor internal yang berasal dari diri siswa dimana siswa tidak antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, malu bertanya, dan takut salah saat melakukan praktik dilapangan pada saat proses pembelajaran dilakukan.
Kata Kunci: Peran Guru, Kemampuan Psikomotorik Siswa
The psychomotor domain is an area related to skill aspects that involve the functions of the neuromuscular system and psychic functions. In physical education, the psychomotor domain includes the achievement of skills, playing abilities, and students' physical fitness. This research method is qualitative, with data validity ensured through triangulation of techniques and sources. Data analysis comprises three stages: data reduction, display, and conclusion drawing.The results of this research are as follows: 1) The role of the physical education teacher as an educator is reflected in imparting moral values through volleyball materials; 2) The role of the physical education teacher as a guide includes providing directions on basic volleyball techniques and their health benefits; 3)The role of the physical education teacher as a demonstrator involves demonstrating basic techniques according to the learning theory of volleyball games; 4) The role of the teacher as a facilitator involves preparing facilities and infrastructure to support practical learning, and 5) As an evaluator, the physical education teacher is involved in psychomotor assessments, detailed into imitation,manipulation, precision, articulation, and naturalization. Among these, only the precision category is met through underhand passing activities in volleyball, and the articulation category is through underhand serving activities in volleyball.Supporting factors include extracurricular activities, 02SN competitions, and routine exercises every Friday scheduled by the school outside of class hours.Inhibiting factors for students' psychomotor skills are internal factors from the students themselves, such as a lack of enthusiasm for learning activities,shyness in asking questions, and fear of making mistakes during practical sessions in the field during the learning process. Keywords: Teacher's Role, Students' Psychomotor Skills