
An Error Analysis Of Eighth Graders Writing Skills At SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Indah Yulianti Gasella - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan masalah siswa dalam keterampilan menulis pada siswa kelas delapan SMPN 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti memilih kelas VIII-C dengan 31orang siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dokumen analisis dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Peneliti menggunakan tiga fase utama dalam menganalisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Dari analisis data, peneliti menemukan permasalahan siswa dan penyebab permasalahan yakni keterampilan menulis bahasa Inggris kelas VIII-C SMPN 5 Tarakan, khususnya dalam hal mendeskripsikan objek, penulisan kosakata, pemahaman yang minim terhadap objek tulisan, dan membuat kesalahan ketika mengerjakan soal sesuai instruksi. Selanjutnya, faktor penyebab permasalahan dalam keterampilan menulis antara lain latar belakang pengetahuan, kurangnya kosakata, metode pengajaran, strategi yang kurang efektif dan lingkungan siswa. Berdasarkan beberapa temuan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penyebab terbesar kesulitan siswa dalam keterampilan menulis bahasa Inggris adalah latar belakang pengetahuan dan sangat kurang sekali kosakata yang mereka ketahui.
Kata kunci: Analisis, Kesalahan, Keterampilan Menulis
This research aims to describe students’ problems in writing skils in eight-grade students at SMPN 5 Tarakan. This research uses a qualitative descriptive method. This research was conducted at SMPN 5 Tarakan with a class VIII-C of 31students. The data collected used analysis documents and questionaires as research instruments. From data analysis, researchers found students’ problem and the causes of the problems from English writing skills for class VIII-C SMPN 5 Tarakan. Especially in describing objects, writing vocabulary, and making mistakes when working on questions according to instructions. Furthermore, lack of vocabulary, teaching methods, less effective strategies, and the students’ environment. Based on the findings above, the researcher concluded that the biggest cause of students’ difficulties in English writing skills is background knowledge and the lack of vocabulary. Keywords: Analysis, Errors, Writing Skills.