
Studi Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Slamet Riadi Kota Tarakan
Pengarang : Ratih Indriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Ruas Jalan Slamet Riadi Kota Tarakan merupakan jalan yang setiap harinya dilalui oleh kendaraan dengan mobilitas dan aksesibilitas kegiatan sosial ekonomi yang cukup ramai, jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang dapat mengganggu keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis, dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode PCI (Pavement Condition Index). Pada ruas Jalan Slamet Riadi STA 0+000 s/d 2+200 didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, retak tepi, retak memanjang/melintang, retak selip, tambalan, lubang, dan pelapukan/pelepasan butir, dengan nilai PCI yang diperoleh yaitu 52,97 yang dikategorikan cukup (fair). Penanganan yang dilakukan mengacu kepada aturan Standar Perbaikan Direktorat Jendral Bina Marga 1995 dengan kode perbaikan berupa P2 (pengaspalan), P4 (pengisian retak), P5 (penambalan lubang), P6 (perataan).
Kata kunci: Jenis Kerusakan Jalan, Tingkat Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index (PCI).
Slamet Riadi Section Street of Tarakan City is a road that is passed every day by vehicles with quite busy mobility and accessibility for socio-economic activities. This road is often passed by highly loaded vehicles, resulting in road damage which can disrupt the safety and comfort of road users. This research aimed to determine the dimensions, type and level of damage to this road section. This research was carried out by means of a survey to obtain primary data so that it could be used as a reference for handling road pavement maintenance. The method employed was the PCI (Pavement Condition Index) method. On Slamet Riadi street STA 0+000 to 2+200 section, the types of damage were found to be crocodile skin cracks, edge cracks, longitudinal/transverse cracks, slip cracks, patches, holes, and weatherinf/grain removal, with the PCI value obtained being 52.97 which was categorized as fair. The handling carried out refers to the 1995 Directorate General of Highways Repair Standards regulations with repair codes in the form of P2 (paving), P4 (crack filling), P5 (hole filling), P6 (levelling). Keywords: Types of Road Damage, Level of Road, Pavement Condition Index (PCI)