
Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank BRI Unit Tarakan Timur
Pengarang : Nuriska - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan Bukti Fisik terhadap keputusan nasabah menabung di Bank BRI Unit Tarakan Timur. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei dengan instrumen pernyataan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran dalam kuesioner menggunakan skala likert. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 378 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 29. Secara parsial hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel produk, harga, orang dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank BRI Unit Tarakan Timur. Sedangkan promosi, lokasi dan bukti fisik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank BRI Unit Tarakan Timur.
Kata kunci: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Orang, Proses, Bukti Fisik, dan Keputusan Nasabah
This research aims to examine the influence of product, price, promotion, place, people, process, and physical evidence variables on customers decision to save at Bank BRI East Tarakan Unit. The type of research used in this research is quantitative with a survey method using statement instruments and data collection using questionnaires. Measurements in the questionnaire use a likert scale. The sampling method used is non-probability sampling with a total sample of 378 respondents. The analytical method used is multiple linear regression analysis processed using SPSS program version 29. Partially the results of hypothesis testing show that product, price, person and process variables have a positive and significant effect on customers decisions to save at Bank BRI East Tarakan Unit. Meanwhile, promotion, place and physical evidence variables have a negative and insignificant effect on customers decision to save at Bank BRI East Tarakan Unit. Keywords: Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence and Customers’ Decisions