
Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Pada Kawasan Pertokoan Di Jalan Re.Martadinata Kota Tarakan
Pengarang : Gunawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang terdapat di jalan RE Martadinata terdapat banyak sekali pertokoan dengan pengaturan lahan parkir yang kurang maksimal. Oleh karena itu perlu dilakukan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir .Metode yang digunakan mengacu pada dasar - dasar MKJI dan Pedoman Teknik Direktorat Jendral Perhubungan Darat.Tujuan Penelitian ini untuk Menentukan berapakah satuan ruang parkir yang tersedia pada kawasan pertokoan yang ada di jalan RE Martadinata dan Menguraikan kondisi karakteristik parkir yang terdapat pada jalan RE Martadinata. Penelitian tahap pertama yaitu dilakukan pengukuran luas lahan parkir, kemudian penelitian selanjutnya yaitu melakukan survei dengan mencatat jumlah kendaraan yang masuk atau keluar pada Kawasan pertokoan di jalan RE Martadinata.Sehingga di dapatkan hasil satuan ruang parkir sebanyak 413 petak parkir untuk kendaraan sepeda motor dan 9 petak parkir untuk mobil. Karakteristik parkir menunjukkan bahwa Volume Parkir sebesar 271 motor, 43 mobil. Durasi parkir terlama untuk motor 2,72 jam, mobil 2,49 jam. Pergantian parkir untuk motor sebanyak 2 kendaraan dan mobil 1 kendaraan. Indeks Parkir maksimum motor 128,947 %, mobil 222,222 %. Space Hours Occupancy maksimum motor dengan nilai 71.897 %, mobil 84,921 %. dari sepuluh lokasi titik parkir yang diteliti terdapat 3 lokasi yang tidak dapat menampung aktivitas parkir di kawasan pertokoan pada Jalan RE Martadinata yang sudah melebihi kapasitas yang tersedia.
Kata Kunci : Karakterisik Parkir, Parkir, Indeks Parkir, Durasi Parkir, SHO (Space Hours Occupancy).
Based on observations on Jalan RE Martadinata there are a lot of shops with less than optimal parking arrangements. Therefore it is necessary to research to determine the need for parking space. This research was conducted to determine how many parking space units are provided in the existing shopping area on Jalan RE Martadinata and to describe the condition of parking characteristics found in Jalan RE Martadinata. The method used refers to the basics of MKJI and the Technical Guidelines of the Directorate General of Land Transportasion. In the first stage of data collection, the measurement of the parking area was carried out, and then further research was conducted by recording the number of vehicles entering or leaving the shopping area on Jalan RE Martadinata. The findings of the data analysis showed the results of 413 parking spaces for motorcycle vehicles and 9 parking spaces for cars. Parking characteristics show that the parking volume is 271 motorcycles and 43 cars. The longest parking duration for motorcycles is 2.72 hours, cars are 2.49. Parking turnover for motorcycles is 2 vehicles and 1 vehicle for cars. Maximum Parking Index for motorcycles 128.95%, cars 222.22%. Space Hours Occupancy maximum motorcycles with a value of 71.90%, car 84,92%. Of the ten parking point locations studied, 3 locations cannot accommodate parking activities in the shopping area on Jalan RE Martadinata which have exceeded the available capacity. Keywords: Parking Characteristics, Parking, Parking Index, Parking Duration, SHO (Space Hours Occupancy).