
The Implementation Of Suggestopedia In Teaching Reading Skill At Eighth Grade Students' Of SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Lidia Lusing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Suggestopedia dalam mengajar keterampilan membaca pada siswa kelas VIII di SMPN 5 Tarakan. Suggestopedia adalah metode pembelajaran yang menekankan pada suasana belajar yang relaksasi dan penggunaan musik untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-I di SMPN 5 Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suggestopedia digunakan dengan menciptakan kondisi kelas yang nyaman dan santai bagi para siswa. Pada tahap pertama, guru membuat lingkungan kelas menjadi nyaman dan ceria. Setelah itu, guru memainkan musik instrumental yang lively di latar belakang dan menampilkan teks yang harus diperhatikan dengan seksama oleh siswa. Guru menggunakan permainan, penyusunan kalimat, dan kegiatan lainnya untuk meninjau pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan guru dalam tahap mengimplementasikan metode Suggestopedia. Dari hasil tersebut, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kegiatan-kegiatan dari metode Suggestopedia dalam proses belajar mengajar dilakukan untuk membuat siswa merasa senang dan tertarik dalam proses belajar mengajar. Metode ini tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca siswa tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar.
Kata Kunci: Suggestopedia, keterampilan membaca, siswa SMP, kualitatif.
This research aimed to analyze the implementation of Suggestopedia in teaching reading skills to class VIII students at SMPN 5 Tarakan. Suggestopedia is a learning method that emphasizes a relaxed learning atmosphere and the use of music to create a conducive learning environment. This research applied a qualitative approach with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The research subjects were students in class VIII-I at SMPN 5 Tarakan. The research results illustrated that Suggestopedia created comfortable and relaxed classroom conditions for students. In the first stage the teacher organized the classroom environment comfortable and cheerful. After that, the teacher played live instrumental music in the background and displays the text to which students must pay close attention. Teachers involved games, sentence construction, and other activities to review students' understanding. This research aimed to describe teacher activities in the implementation stage of the Suggestopedia method. From these results, the author concluded that the activities of the Suggestopedia method in the teaching and learning process made students happy and interested in the teaching and learning process. This method improves students' reading skills and increased their interest and motivation in learning. Keywords: Suggestopedia, reading skills, junior high school students, qualitative.