
Pengembangan Permainan Monopoli Tematik (MONTEM) Tema Perkembangan Teknologi Untuk Siswa Kelas III Di SD Negeri 043 Tarakan
Pengarang : Rully Malia Pratiwi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media permainan Monopoli Tematik (MONTEM) yang dapat membantu guru dalam menarik perhatian siswa untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran secara menyenangkan dan menjadikan media sebagai penguatan materi perkembangan teknologi dikelas III sekolah dasar, yang ditinjau dari validasi media, materi, dan praktisi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap kemenarikan media permainan Monopoli Tematik (MONTEM) yang ditinjau dari angket respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development), adapun prosedur penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan media permainan Monopoli Tematik (MONTEM) diperoleh persentase rata-rata sebesar 89,7%, dengan kategori sangat layak. Hasil perhitungan kelayakan media permainan Monopoli Tematik (MONTEM) ditinjau dari validasi media dengan persentasenya sebesar 89%, validasi materi persentasenya sebesar 80%, dan validasi praktisi persentasenya sebesar 100%. Kemenarikan media MONTEM diperoleh persentase pada uji coba terbatas sebesar 96,4% dan uji coba lapangan sebesar 90%. Hasil perhitungan dari uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media permainan Monopoli Tematik (MONTEM) sangat menarik untuk siswa gunakan didalam kelas saat proses belajar mengajar dilakukan sebagai penguatan materi.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE, Media Permainan Monopoli Tematik (MONTEM)
This study aims to create a Thematic Monopoly (MONTEM) game media that can help teachers attract students' attention to participate in learning activities in a fun way and make the media as a reinforcement of technology development materials in grade III elementary school, which is reviewed from media, material, and practitioner validation. In addition, this study was conducted to find out how students respond to the attractiveness of the Thematic Monopoly (MONTEM) game media in terms of student response questionnaires. This study is a research and development (R&D) study, while the research procedure uses the ADDIE development model, which consists of 5 stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The feasibility of the Thematic Monopoly (MONTEM) game media obtained an average percentage of 89.7%, with a very feasible category. The results of the calculation of the feasibility of the Thematic Monopoly (MONTEM) game media in terms of media validation with a rate of 89%, material validation with a rate of 80%, and practitioner validation with a rate of 100%. The attractiveness of the MONTEM media obtained a percentage in limited trials of 96.4% and field trials of 90%. The calculation results from limited trials and field trials show that the Thematic Monopoly (MONTEM) game media is exciting for students to use in the classroom during the teaching and learning process as a reinforcement of the material. Keywords: Research and Development, ADDIE Model, Thematic Monopoly (MONTEM) Game Media