
Survei Adaptasi Belajar Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2023 Pada Program Studi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Nur Asma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Adaptasi belajar merupakan aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi yang aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat adaptasi belajar mahasiswa 2023 jurusan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitan ini berjumlah 167 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan skala likert. Dalam hal ini adaptasi kehidupan kampus yang diperoleh yaitu pada kategori sangat tinggi dengan persentase 83,25%, kategori Tinggi dengan persentase 16,77% sedangkan tidak ada mahasiswa pada kategori rendah dan sangat rendah. Baker dan Syirk (dalam Arianti, 2020) penyesuaian akademik berkaitan dengan tuntutan akademik berupa tugas, hasil pencapaian, penyesuaian sosial yang berkaitan dengan bertutur sapa dan berbahasa yang sopan dan santun di lingkungan kampus, penyesuaian secara emosional yang dimana perilaku seseorang bisa dipengaruhi oleh masa remajanya.Kelekatan dengan institusi baik dalam mengikuti aturan-aturan kampus, mengikuti kegiatan yang dilakukan pihak kampus sudah tergolong baik dikarenakan mahasiswa baru 2023 sudah dapat berpartisipasi dalam semua hal dilingkungan kampus.
Kata Kunci: Adaptasi Belajar, Kehidupan Kampus
Learning adaptation is the process of actively interacting with the environment on a mental or psychological level, leading to changes in knowledge, comprehension abilities, and values. The purpose of this study was to determine the degree of learning adaptability of students majoring in guidance and counselling in 2023 Survey methodologies were used in this quantitative study. 167 respondents served as the research's subjects. A Likert scale was employed as the data gathering tool. In this instance, there were no students in the low or very low categories, and the adaptation to campus life attained fell into the very high category with a percentage of 83.25% and the High category with a percentage of 16.77%. Academic adjustment, according to Baker and Syirk (in Arianti, 2020), was connected to academic demands such as assignments and achievement results; social adjustment, which was connected to courteous language and greetings on campus; and emotional adjustment, which was connected to the idea that a person's behaviour could be influenced by their teenage years. Maintaining a close relationship with the institution was beneficial for adhering to campus regulations. It was also deemed beneficial for new students in 2023 to participate in all events held on campus. Keywords: Adaptation to Learning, Campus Life