Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Islam Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Islam Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Islam Peserta Didik Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Jumrah Liah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karkter Islam Peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitati deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Tarakan dengan subjek penelitian 1 orang guru BK dan data skunder diambil dari kesiswaan, guru mata pelajaran SKI dan 4 peseta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik keabsahan data.
Adapun hasil penelitian ini adalah ada peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter Islam peserta didik, meskipun secara genetis karakter peserta didik merupakan unsur bawaan, akan tetapi faktor lingkungan, teman dan sebagainya sangat berpengaruh. Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter Islam peserta didik, memberikan layanan-layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan setiap permasalahan yang dihadapi peserta didik, seperti layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling individual, serta mengarahkan baik di dalam kelas maupun di luar kelas pada peserta didik, dan peserta didik dapat merubah tingkah laku menjadi lebih baik dan terwujud dalam pembentukan karakter Islam.

Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling, Karakter Islam

This study was aimed to describe the role of guidance and counseling teacher in shaping Islamic Character on the students. The type of this study was descriptive qualitative. This study was conducted at MTs Negeri Tarakan with the subjects 1 guidance and counseling teacher and the secondary data was taken from students affairs, an SKI teacher and 4 students. The technique of data collection used were interview, observation, and documentation. The technique of data analysis in this study were by using data reduction, data presentation, and drawing conclusion. Then the data was analyzed using the technique of data validity. And the result of this study was the role of guidance and counseling teacher in shaping Islamic character on the students, although genetically the students’ characters are natural element, but the environmental factor, friend and many more are very influential. SF in shaping Islamic character on the students give an answer on guidance and counseling services which are appropriate with every problem faced by the students, like orientation service, information service, individual counseling service, and directing both in the class or outside the class on the students, and the students can change the behavior to be better and is materialized in shaping Islamic character. Keywords: The Role Of Guidance And Counseling Teacher, Islamic Character

Detail Informasi