
Persepsi Dosen Dalam Membimbing Skripsi Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Pendidikan Biologi
Pengarang : Sutrianingsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi dosen dalam membimbing skripsi mahasiswa tingkat akhir jurusan Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Selanjutnya data dikaji dan dianalisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yaitu terdiri dari kondisi fisik dan mental pada kategori sedang dengan skor 55%, motivasi pada kategori tinggi dengan skor 63%, minat pada kategori sedang dengan skor 58%, bakat dan kecerdasan pada kategori tinggi dengan skor 73% dan metode dan kebiasaan belajar pada kategori sedang dengan skor 52%. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari lingkungan keluarga pada kategori rendah dengan skor 39%, lingkungan masyarakat pada kategori tinggi dengan skor 89% dan lingkungan kampus pada kategori rendah dengan skor 33%.
Kata kunci : Dosen, Persepsi, Skripsi
This study aimed to describe how the lecturer perceptions in guiding the thesis of final year students in Biology Education Department. The type of research is quantitative descriptive. Data collection was carried out by using questionnaires and documentation. The subject of this study was a Lecturer in Biology Education Department, Universitas Borneo Tarakan. Furthermore, the data was studied and analyzed using descriptive analysis techniques. The results of the study showed that internal factors consisted of physical and mental conditions was in the medium category with a score of 55%, motivation was in high category with a score of 63%, interest was in medium category with a score of 58%, talent and intelligence was in high category with a score of 73% and learning methods and habits were in medium category with a score of 52%. Meanwhile, external factors consist of the family environment was in low category with a score of 39%, the community environment was in high category with a score of 89% and the campus environment was in low category with a score of 33%. Keywords: Lecturer, Perception, Thesis