
The Effect Of Duolingo On Students' English Vocabulary Of Eight Grade At MTS DDI Tarakan
Pengarang : Rita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan yang signifikan dari pengunaan Duolingo Apps dalam kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VIII MTs DDI Tarakan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test and post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah census sampling dengan mengambil seluruh populasi sebagai sample, sehingga sampel yang diteliti adalah 17 siswa. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test kosakata dan wawancara sebagai data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hasil uji Paired Sample t-test diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Jika Sig, (2-tailed) < 0,05. Artinya, berdasarkan data pre-test dan post-test. Ada pengaruh yang signifikan setelah menggunakan Duolingo Apps dalam meningkatkan kosakata siswa. Kosakata siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan Aplikasi Duolingo. Siswa menikmati proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman dan retensi kosakata mereka, menunjukkan efektivitas Duolingo untuk kosakata Bahasa inggris di antara siswa MTS DDI Tarakan kelas VIII.
Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Strategi Pembelajaran Kosakata.
The purpose of this study is to determine whether there is a significant difference in English vocabulary among class VIII students at MTs DDI Tarakan who use Duolingo apps. This study used a quantitative method using pre-test and post-test experimental designs. The subjects in this study were eighth-grade students. The sampling technique utilized was purposive sampling, which involved sampling the entire population, hence the sample size was 17 students Data collection included vocabulary pre- and post-tests, as well as interviews. The results indicated that the hypothesis was accepted. The sample t-test showed a significant (2-tailed) result of 0.000 < 0.05. If the two-tailed significance level is less than 0.05. Based on pre-and post-test data, the researchers discovered a substantial relationship between Duolingo use and students' English vocabulary. Students' vocabulary improves significantly after using Duolingo Apps. Students enjoyed the learning process and improved their vocabulary understanding and retention, indicating Duolingo's effectiveness for English vocabulary among MTS DDI Tarakan grade VIII students. Keywords: Duolingo Apps, Vocabulary Mastery, Vocabulary