
Improving Students’ Speaking Performance By Using Jigsaw Model At Eighth Grade Of SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Alinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 4 April 2024 sampai dengan 19 April 2024. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 4 Tarakan dengan jumlah 30 siswa, dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas dan tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kinerja berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai tes siswa pada siklus I sebesar 77% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan peningkatan tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw efektif untuk keterampilan berbicara siswa terutama dalam hal kelancaran, kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekolah menengah pertama.
Kata Kunci: Kemampuan berbicara, Jigsaw.
This study aims to improve speaking ability of students in class VIII SMP Negri 4 Tarakan. The researcher used classroom action research method (PTK) with jigsaw model. This research was carried out in two cycles, each cycle consisting of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The research was conducted from April 4, 2024 to April 19, 2024. The research subjects were students of class VIII-4 of SMP Negeri 4 Tarakan with a total of 30 students, with details of 14 male students and 16 female students. The research data were collected through classroom observation and speaking tests. The results showed that the application of the jigsaw learning model could significantly improve the speaking performance of students in grade VIII of SMP Negeri 4 Tarakan. This is evidenced by an increase in the average student test scores in cycle I of 77% to cycle II increased to 96%. Thus, it can be concluded that the increase shows that the jigsaw learning model is effective for students’ speaking skills especially in terms of fluency, vocabulary, grammar, and pronunciation. The results of this study indicate that the jigsaw learning model can be an effective alternative to improve the speaking skills of junior high school students. Keywords: Speaking Ability, Jigsaw.