Deskripsi Kesulitan Menulis Gagasan Utama Pada Siswa Di SDN Utama 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kesulitan Menulis Gagasan Utama Pada Siswa Di SDN Utama 2 Tarakan

Deskripsi Kesulitan Menulis Gagasan Utama Pada Siswa Di SDN Utama 2 Tarakan

Pengarang : Eno Febriana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kesulitan menulis merupakan suatu ketidakampuan seseorang dalam menuangkan pikiran, ide dan gagasan menjadi sebuah tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan menulis yang dialami siswa kelas IV pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi gagasan utama atau ide pokok. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A SDN Utama 2 Tarakan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskripsi. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori sangat mampu, mampu, cukup mampu, kurang mampu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes dan wawancara. Adapun tahapan analisis data dilakukan yaitu: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa kesulitan menulis yang dialami siswa pada materi gagasan utama/ ide pokok yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dimana membuat siswa kesulitan untuk mengerjakan tes soal yang berikan dikarenakan siswa masih kurang paham dalam materi gagasan utama atau ide pokok, serta belum mampu menemukan letak gagasan utama/ ide pokok pada paragraf yang dimana letak gagasan utama dalam suatu paragraf dapat ditemukan di awal paragraf (paragraf deduktif), di akhir paragraf (paragraf induktif), dan di awal dan di akhir paragraf (paragraf campuran), adapun ide pokok tersebut kadang-kadang berada di tengah paragraf. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu pada soal tes tentang menegaskan gagasan utama maupun menentukan jenis paragraf sudah masuk dalam kategori cukup baik.

Kata Kunci: Kesulitan Menulis, Gagasan Utama

Writing difficulty is defined as an individual's inability to express thoughts, ideas, and concepts in written form. The objective of this study is to ascertain the manner in which fourth grade students encounter difficulties in expressing the main idea in Indonesian language lessons. The research was conducted in Class IV-A of SDN Utama 2 Tarakan. The methodology employed was descriptive qualitative research. The research subjects were selected based on the following categories: very capable, capable, quite capable, and less capable. The data collection instruments employed were tests and interviews. The stages of data analysis are as follows: 1) Data reduction, 2) Data presentation, 3) Drawing conclusions. The results of this study indicate that the writing difficulties encountered by students in relation to the main idea/main idea material are primarily due to a lack of comprehension of the material, which subsequently impedes their ability to respond to the test questions. This suggests that students may still require further understanding of the main idea or main idea material. Furthermore, it has been challenging to identify the location of the main idea within a paragraph. This can be discerned at the beginning of the paragraph (deductive paragraph), at the end of the paragraph (inductive paragraph), and at the beginning and end of the paragraph (mixed paragraph). However, the main idea is sometimes situated in the middle of the paragraph. The results of the test indicate that the questions about emphasizing the main idea and determining the type of paragraph are satisfactory. Keywords: Writing Difficulties, Main Idea

Detail Informasi