
Error Analysis On English Sentences Produced By The Second Semester Students Of English Department
Pengarang : Wanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Menulis paragraf bisa menjadi tugas yang sulit bagi individu yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis kesalahan pada kalimat Bahasa Inggris yang dihasilkan oleh mahasiswa semester II di Jurusan Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 39 mahasiswa semester dua program studi Bahasa Inggris tahun 2023. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Peneliti menggunakan tahapan Miles dan Huberman dalam menganalisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan: penarikan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya Kesalahan dalam penulisan paragraf meliputi beberapa ide yang tidak berkembang, penggunaan tenses yang salah, kesalahan persetujuan subjek-keterangan, penggunaan kosakata yang tidak tepat, dan masalah dengan koherensi dan kohesi, kesalahan tanda baca dan penggunaan huruf besar juga sering terjadi. Selain itu, adanya perbedaan substansial antara kemampuan menulis siswa dan hasil yang diharapkan dan perlunya perlakuan khusus kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan dalam memproduksi kalimat dengan benar.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Penulisan Kalimat Bahasa Inggris
Writing paragraphs can be a difficult task for individuals who are not native English speakers. The purpose of the research was to find and analyze errors in English sentences produced by second semester students in the English Department. The research used was descriptive qualitative. The respondents of the research were 39 second semester students of English Department in 2023. To collect data, the researcher used document analysis and interviews. The researcher used Miles and Huberman's stages in analyzing the data, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion: drawing or verifying. The results of the research show that there are errors in paragraph writing include some undeveloped ideas, incorrect use of tenses, subject-descriptor agreement errors, inappropriate use of vocabulary, and problems with coherence and cohesion, punctuation errors and capitalization are also common. In addition, there is a substantial difference between students' writing ability and expected results and the need for special treatment to students in improving their ability to produce sentences correctly. Keywords: Error Analysis, English Sentence Writing