
Problems Faced By Students In Learning English Based On Merdeka Curriculum At 7 Grade Of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Mega Ria - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang sering dihadapi siswa dikelas 7 dalam belajar Bahasa Inggris selama sekolah menggunakan Kurikulum Merdeka. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa-siswa dikelas 7 SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. Dalam penelitian ini peneliti menggunaka metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan Teknik pengumpulan data analisis dengan menggunakan tiga instrument yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan penelitian adalah banyak siswa yang merasa masalah mereka ada pada kegiatan belajar mengajar dimana banyak dari mereka yang mengatakan penjelasan yang kurang terdengar jelas dan cara guru menyampaikan materi dengan suara yang tidak terlalu terdengar, dan sebagian besar dari mereka merasa kurang termotivasi dengan pelajaran Bahasa inggris. Kebanyakan siswa memiliki buku pelajaran dari sekolah untuk membantu proses belajar dirumah dan juga internet baik yang tersedia di Handphone para siswa, maupun yang memiliki sambungan internet dirumahnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti, peneliti menyimpulkan bahwa para siswa memiliki minat dalam belajar Bahasa inggris namun karena penyampaian guru yang sedikit kurang jelas jadi menghambat mereka dalam belajar Bahasa inggris.
kata Kunci: Siswa, Masalah, Belajar
This study aims to determine the problems that students in grade 7 often face in learning English in implementing the Independent Curriculum. The subjects of this study were 7th grade students of SMP Muhammadiyah 2 Tarakan. The researcher used a qualitative design with instruments, namely Observation, Interview and Documentation. The results found were that the explanation was not heard clearly and the way the teacher delivered the material, and most of them felt less motivated by English lessons. Most students have textbooks from school to help the learning process at home and also the internet either available on the students' cell phones, or who have an internet connection at home. Based on the results, the researcher concluded that students have an interest in learning English but because the delivery of the teacher needs improvement in the method of delivering material in learning English needs to be improved. Keywords: Students, Problems, Learning