Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMA Negeri 2 Tarakan

Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Kusnia Wati Penias - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kebiasaan membaca merupakan perilaku atau perbuatan membaca yang telah memola, bersifat terus-menerus dari waktu ke waktu. Kemampuan literasi merupakan kemampuan seseorang untuk memahami sains, mengkomunikasikan sains, serta menerapkan pengetahuan sains untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan membaca dengan literasi sains pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, penelitian korelasional adalah penelitian yang bermaksud untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel tanpa melakukan suatu perubahan apapun terhadap data yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan sample yang digunakan siswa kelas XI dengan jumlah sebanyak dua kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Tes yang digunakan berupa soal dalam bentuk uraian untuk mengetahui kemampuan literasi sain siswa sedangkan angket untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kelas XI – F (Sains) nilai rata rata Literasi Sains 50 sedangkan nilai rata - rata kebiasaan membaca 38,4 dan pada kelas XI-A (Kesehatan) nilai rata - rata Literasi Sains 62,5 sedangkan nilai rata rata kebiasaan membaca 48,15. Berdasarkan uji korelasi spearman rank diketahui nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai koefesien korelasi 0,614 artinya tingkat hubungan cukup kuat maka hubungan kedua variabel tersebut signifikan atau berkorelasi sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kebiasaan membaca siswa maka semakin tinggi pula kemampuan literasi sains siswa. Lingkungan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kebiasaan membaca, sehingga diharapkan sekolah dapat mulai melengkapi koleksi perpustakaan sebagai bentuk memfasilitasi siswa dalam membaca.Implikasi yang diharapakan dari penelitian ini adalah pentingnya menciptakan kebiasaan membaca pada siswa dengan cara memulai melakukan kegiatan membaca yang dilakukan secara rutin.

Kata Kunci: Korelasional, Kebiasaan Membaca, Literasi Sains

Reading habits ari reading behaviors that have a continouus pattern from time to time. Literacy ability is to inderstand science, communicate science, and apply scientific knowledge to solve problems. This research analyzed the relationship between reading habits and scientific literacy. This correlational research aimed to determine teh level of relationship between to variables without making any changes to the data obtained. The population in this study was class XI students of SMA Negeri 2 Tarakan and selected 2 classes as the samples. Thess data collection methods used were tests and questionnairse. The test used was in the form of questions consicting of desecriptions to determina students’ scientific literacy abilitiess, while the questionnaire was to determine students’ reading habits. Based on the research results, it was found that reading habits was 48.15 in the classs. Based on the Spearman rank correlation test, the significance value was 0.00 < 0.05 . The correlation coefficient value was 0.614 meaning that the level of relationship was quite srtong. Hence, the relationship between the two varibles wa significant or correlated, so it can be concluded that the higher the student’s reading habits, the higher the student;s scientific literacy ability. The anvironment is one of the factors that can influence reading habits, so schools can star completing library collections to facilitate students’ reading. The expected implication of this research is the importance of creating reading habits in students by starting to carry out regular reading activities. Keywords: Coorrelation, Reading Habits, Scientific Literacy

Detail Informasi