The Effectiveness Of Kahoot On Students’ Reading Ability At SMA Patra Dharma Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Effectiveness Of Kahoot On Students’ Reading Ability At SMA Patra Dharma Tarakan

The Effectiveness Of Kahoot On Students’ Reading Ability At SMA Patra Dharma Tarakan

Pengarang : Sunny Celine Tandirau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan sudah banyak digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Kahoot merupakan salah satu aplikasi pembelajaran online berbasis game. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari Kahoot pada kemampuan membaca siswa di SMA Patra Dharma Tarakan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitia pre-eksperimental dimana variabel yang mempengaruhi independen pada penelitian ini adalah media pembelajaran yaitu Kahoot sedangkan kemampuan membaca siswa sebagai variabel dependen yang dipengaruhi. Hasil belajar siswa akan ditampilkan dalam bentuk nilai hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan Kahoot. Hal itudibuktikan dengan hasil skor rata rata siswa. Hasil rata-rata dalam Pre-test dan post-tets berada di angka 73.94 dan 24.21. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa setelah menggunakan Kahoot sebagai media pembelajaran, ada perubahan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kahoot sebagai alat pembelajaran telah terbukti berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa SMA Patra Dharma Tarakan.

Kata kunci: Kahoot, Media Pembelajaran, Kemampuan Membaca

The utilisation of information technology in Education has been widely used as a supporting medium in teaching and learning activities in the classroom. Kahoot is one of the game-based online learning applications. The purpose of this study was to determine the effectiveness of Kahoot on students' reading skills at Patra Dharma Tarakan High School. This research method was quantitative with pre-experimental research, Student learning outcomes will be displayed in the form of student learning outcomes scores before and after using Kahoot. It was proven by the results of students' average score. The average results in the Pre-test and post-test were at 73.94 and 24.21. These showed that there was a significant difference using Kahoot as a learning media. This study found that after using Kahoot as a learning media, there was a significant change. Thus, it can be concluded that Kahoot as a learning tool has proven to be successful in improving the reading skills of Patra Dharma Tarakan High School students Keywords: Kahoot, Learning Media, Reading Ability

Detail Informasi