Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Box Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di SDN 052 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Box Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di SDN 052 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Box Untuk Membaca Permulaan Siswa Kelas I Di SDN 052 Tarakan

Pengarang : Fitriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dan mengetahui bagaimana kelayakan pada media pembelajaran flashcard box untuk membaca permulaan siswa kelas 1 di SDN 052 Tarakan ditinjau dari validasi ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi serta mengetahui bagaimana ketertarikan siswa terhadap media pembelajaran flashcard box untuk membaca permulaan dengan pemberian angket ketertarikan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Penilaian kelayakan media pembelajaran flashcard box terdiri dari validasi ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 92%, ahli bahasa sebesar 86% dan ahli praktisi sebesar 92%. Hasil validasi para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard box masuk dalam kategori sangat layak digunakan pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1. Hasil ketertarikan siswa pada uji coba terbatas sebesar 86% dan uji coba kelompok luas sebesar 86% masuk dalam kategori sangat tertarik. Hasil angket ketertarikan siswa pada uji coba terbatas dan uji coba kelompok luas menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik terhadap media pembelajaran flashcard box untuk membaca permulaan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran flashcard Box efektif dalam mendukung proses belajar dan mengajar membaca permulaan yang dilakukan antara siswa dan guru di SDN 052 Tarakan.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Flashcard Box, Model ADDIE

This research aimsed to produce a product in the form of learmng media and find out the feasibility of flashcard box learning media for beginning reading for grade 1 students at SDN 052 Tarakan in terms of validation from media experts, linguists and practitioner experts and find out how interested students are in flashcard box learning media for initial reading by administering a student interest questionnaire The type of research was research and development (R&D). The development procedure adopted the ADDIE development model, consisting of five stages. Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Assessing the feasibility of flashcard box learning media involved validation from media, language, and practitioner experts. The validation results from media experts were 92%, language experts 86%. and practitioner experts 92%. The results of expert validation discovered that the flashcard box learning media was in the significantly suitable category implemented in beginning reading learning for grade 1 students. The results of student interest in the limited trial were 86%, and in the wide group trial, 86% were very interested. The results of the student interest questionnaire in limited trials and wide group trials showed that students were very interested in the flashcard box leaming media for beginning reading The research and development results also found that the use Of flashcard box learning media effectively supported the learning and teaching process of beginning reading carried out between students and teachers at SDN 052 Tarakan. Keywords: Research and Development, Learning Media, Flashcard box, ADDIE Model

Detail Informasi