Upaya Guru Dalam Mengatasi Gejala Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII-1 Di SMP Negeri 14 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Dalam Mengatasi Gejala Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII-1 Di SMP Negeri 14 Tarakan

Upaya Guru Dalam Mengatasi Gejala Kesulitan Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII-1 Di SMP Negeri 14 Tarakan

Pengarang : Leni Rahayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam proses pembelajaran tidak lepas dari adanya hambatan-hambatan dan kesulitan belajar yang dialami siswa. Oleh karena itu, upaya guru dalam mengatasi gejala kesulitan belajar IPA pada siswa sangat penting bagi guru untuk dijadikan masukan untuk memperbaiki proses mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi gejala kesulitan belajar IPA pada siswa kelas VIII-1 di SMPN 14 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study) menggunakan instrumen lembar wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam peneletian ini salah satu guru IPA dan siswa kelas VIII-1 yang dipilih dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian ini ditemukan hasil yaitu terdapat gejala kesulitan belajar pada siswa diantaranya hasil belajar rendah, usaha yang dilakukan tidak sesuai dengan hasil yang dicapai, dan tingkah laku yang lain dari pada temannya. Adapun upaya yang guru lakukan diantaranya memberikan motivasi, menjelaskan kembali materi, remedial, dan melakukan bimbingan individu.

Kata kunci : Pembelajaran IPA, Gejala Kesulitan Belajar, Upaya Guru

The learning process often involvesobstacles and difficulties experienced by students. Therefore, it is crucial for teachers to address these challenges to enhance the teaching process in the classroom. This study aimed to describe the efforts made by teacher to overcome symptoms of science learning difficulties among students in class VIII-1 at SMPN 14 Tarakan. This qualitative research employed a case study method, utilizing interviews and documentation as data collection instruments. The sampel for this study includes science teachers and class VIII-1 students, selected through purposive sampling, data analysis followed the techniques outlined by miles and huberman, encompassing data reduction, data display, and conclusion drawing, the results indicated that students exhibited symptoms of learning difficulties such as low academic performance, a disparity between efforts and results, and behavioral differences from their peers. Teachers’ efforts to address these issues included providing motivation, clarifying material, offering remediation, and delivering individual guidance. Keywords: Science Learning, Symptoms Of Learning Difficulties, Teacher’s Efforts

Detail Informasi