
The Implementation Of Listen-Read-Discuss (Lrd) Strategy In Teaching Of Reading Skill At Eight Grade Students Of SMP Budi Utomo Boarding School Tarakan
Pengarang : Viona Oktaveraeti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk menginvestigasi penggunaan LRD (Listen, Read, Discuss) dalam mengajar kemampuan membaca pada siswa kelas delapan SMP Budi Utomo Boarding School. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Budi Utomo Boarding School sejumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Data kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan coding untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode LRD dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami bacaan dengan tahapan Listen (mendengar), Read (membaca), dan Discuss (berdiskusi). Pada Teks bacaan, melakukan kegiatan presentasi, latihan mendengar, membaca secara mandiri dan juga diskusi dengan teman sekelas sangat membantu siswa memahami bacaan dalam Bahasa Inggris. Guru Bahasa Inggris diharapkan dapat membuat dan mengembangkan LRD dalam pembelajaran Bahasa Inggris tidak hanya untuk mengajar kemampuan membaca tetapi juga kekemampuan lainnya.
Kata kunci: Mendengar-Membaca-Diskusi (LRD), Kemampuan Membaca, Metode Mengajar.
The study was aimed to look into how eighth grade students at Budi Utomo Boarding School Middle School were taught reading skills through the LRD (Listen, Read, Discuss) strategy. Qualitative descriptive research design was employed by the researcher. Thirty-two Budi Utomo Boarding School eighth graders participated in this study. this study collected observation, interviews, and documentation to gather data. the data was qualitatively examined through coding to address research issues. According to the study's findings, the students could learn reading skiil with the phases of Listen, Read and Discuss by utilizing the LRD approach. Students learned how to read in English through reading books, doing presentations, practicing listening, and reading on their own, as well as having conversations with peers. In addition to teaching reading skill, English teachers are expected to be able to develop LRD in English learning, not only for reading skill but also other skills. Keywords: Listen-Read-Discuss (LRD), Reading Skill, Teaching Method