
Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Praktisi Mengajar (PM) Pada Mata Kuliah Biologi Laut Tahun Ajaran 2023/2024 Di Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Mellie Prithi Sania - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Praktisi Mengajar merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka. Pada program praktisi mengajar, dosen berkolaborasi dengan praktisi yang telah berpengalaman pada bidangnya. Tujuannya adalah memberikan gambaran nyata mengenai kondisi dunia kerja dan industri secara langsung berdasarkan pengalaman para praktisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap program praktisi mengajar (PM) pada mata kuliah biologi laut tahun ajaran 2023/2024 FKIP Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen berupa kuesioner (Google Form) dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu yang diambil dalam penelitian ini yaitu 38 mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2022 yang mengikuti program praktisi mengajar (PM) pada mata kuliah biologi laut. Pengumpulan data mengunakan kuesioner dengan model skala likert dan dokumentasi. Data dianalisis dengan perhitungan nilai persentase. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan peneliti kepada responden diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan dari aspek persepsi mahasiswa dengan nilai rata-rata 78% kategori sangat baik, sedangkan berdasarkan aspek Attitude (Sikap) memperoleh rata-rata 84% dengan kategori sangat baik, berdasarkan aspek Motivies (Motivasi) memperoleh rata-rata 74% dengan kategori baik, berdasarkan aspek Interest (Minat) memperoleh rata-rata 79% dengan kategori sangat baik, berdasarkan aspek Experiences (Pengalaman) memperoleh rata-rata 76% dengan kategori sangat baik, berdasarkan aspek Expectations (Harapan) memperoleh rata-rata 81% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap program Praktisi Mengajar (PM) memperoleh persepsi positif dalam pelaksanaan program praktisi mengajar pada mata kuliah biologi laut tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci : Persepsi Mahasiswa, Program Praktisi Mengajar (PM), Pendidikan Biologi
Teaching Practitioner is one of the programs from the Merdeka Campus. In the teaching practitioner program, lecturers collaborate with practitioners who are experienced in their field. The aim is to provide an accurate picture of conditions in the world of work and industry directly based on the experiences of practitioners This research aimed to determine student perceptions of the teaching practitioner (PM) program in marine biology courses for the 2023/2024 academic year, FKIP, University of Borneo, Tarakan. This quantitative descriptive research used instruments like questionnaires (Google Forms) and documentation. The sample in this study employed a purposive sampling method, The samples of this research were 38 Biology Education students in the class of 2022 taking part in a teaching practitioner (PM) program in Marine Biology courses. The data collection used a questionnaire with a Likert scale model and documentation and were analyzed by calculating percentage values. Based on the results of the questionnaire, the overall average score was obtained from the student perception aspect with an average score of 78% in the very good category, the the average score was 84% in the very good category in Attitude aspect, an average of 74% in the very good category in Motivies (Motivation), an average of 79% in the very good category in Interest aspect, an average of 76% was obtained in the very good category obtained in Experiences aspect, and an average of 81% in the very good category in Expectations aspect. The results of this research illustrated that students' perceptions of the Teaching Practitioner (PM) program gained a positive perception in implementing the teaching practitioner program in marine Biology Bourses for the 2023/2024 academic year. Keywords: Student Perceptions, Teaching Practitioner Program (PM), Biology Education