
Profil Laboratorium Dan Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Laboratorium IPA Di SMP Negeri 2 Kabupaten Nunukan
Pengarang : Nisak Umi Fathonah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang gambaran laboratorium dan kompetensi guru dalam pengelolaan laboratorium IPA sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian ini akan menggambarkan secara obyektif mengenai Profil Laboratorium Dan Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Kabupaten Nunukan. Metode penentuan sampel dilakukan dengan purposive random sampling dengan harapan sekolah SMP Negeri 2 dalam penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi dan kompetensi guru pengelola laboratorium IPA di sekolah SMP Negeri 2 Kabupaten Nunukan. Hasil penelitian diperoleh melalui observasi langsung di Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Kabupaten Nunukan dengan acuan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Luas laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Nunukan adalah 110 m2dengan rasio2,4 m2/peserta didik. Hal ini sesuai dengan Permendiknas, (2007) bahwa rasio tersebut masih ideal untuk kegiatan praktikum siswa. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kompetensi guru pengelola laboratorium IPA di SMP Negeri 2 Kabupaten Nunukan didapatkan beberapa aspek kompetensi guru pengelola laboratorium IPA/Biologi yaitu: kompetensi keperibadian, sosial, administrasi, manajerial, dan kompetensi profesional. a) Kompetensi kepribadian dapat ditunjukkan melalui sikap dewasa,mantap, dan berakhlak mulia serta komitmen terhadap tugas. b) Kompetensi sosial dapat terlihat dari kerjasama dan komunikasi yang dilakukan dengan pengelola laboratorium lainnnya. c) Kompetensi administrasi diperlukan dalam perencanaan kegiatan, jadwal kegiatan laboratorium, pembagian tugas bagi teknisi laboratorium, memantau sarana dan prasarana laboratorium, mengevaluasi kinerja teknisi dan pembuatan laporan kegiatan laboratorium. d) Kompetensi manajerial mencakup kegiatan pengembangan Laboratorium dan mengatur pengelolaan kegiatan laboratorium. e) Kompetensi Profesionalisme seorang pengelola laboratorium dapat ditunjukkan melalui paparan gagasan yang diberikan untuk kemajuan laboratorium demi kepentingan pendidikan di sekolah.
Kata kunci: Profil Laboratorium, IPA, Kompetensi Guru.
This study aimed to provide information about the laboratory description and teacher competence in the management of science laboratories, thus it can be used as material for continuous evaluation. This study was a research with a qualitative descriptive approach. The data obtained from this study objectively described the Laboratory Profile and Teacher Competence in Utilizing the Science Laboratory at SMP Negeri 2 Nunukan Regency. The sample determination method was carried out by purposive random sampling with the expectation that SMP Negeri 2 could provide an overview of the condition and competence of science laboratory management teachers at SMP Negeri 2 Nunukan Regency. The results of the study were obtained through direct observation at the Science Laboratory of SMP Negeri 2 Nunukan Regency with reference to observation sheets and interviews. The results of the study showed that the area of science laboratory at SMP Negeri 2 Nunukan was 110 m2 with a ratio of 2.4 m2/student. This is in accordance with the Permendiknas, (2007) that the ratio was still ideal for student practicum activities. Based on the results on the competence of science laboratory management teachers at SMP Negeri 2 Nunukan Regency, several aspects of the competence of science or Biology laboratory management teachers were obtained, namely: personality, social, administrative, managerial, and professional competence. (a) Personality competence can be demonstrated through an adult attitude, steady, and have noble character and commitment to duty. (b) Social competence can be seen from the cooperation and communication carried out with other laboratory managers. (c) Administrative competence was required in activity planning, laboratory activity schedules, division of tasks for laboratory technicians, monitoring laboratory facilities and infrastructure, evaluating technician performance and making laboratory activity reports. (d) Managerial competence includes laboratory development activities and regulates the management of laboratory activities. (e) Competence of professionalism of a laboratory manager can be shown through the exposure of ideas given for the advancement of the laboratory for the sake of education in schools. Keywords: Laboratory Profile, Science, Teacher Competence.