Survei Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Survei Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Survei Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Adenin Suci Dinindra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi, baik emosi dirinya sendiri maupun emosi orang lain, dengan tindakan konstruktif, yang berupaya bekerja sama sebagai tim yang mengacu pada produktivitas dan bukan pada konflik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan dengan jumlah 276 siswa. Peneliti menggunakan angket kecerdasan emosional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 163 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan terdapat pada kategori sedang dengan persentase 39% pada interval 100-114 artinya siswa sudah cukup mampu dalam mengenal emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenal emosi orang lain (empati), dan dapat membina hubungan baik dengan orang lain (keterampilan sosial), namun masih perlunya pembinaan agar meningkatkan kecerdasan emosional siswa.

Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Siswa

This study aimed to determine the emotional intelligence results of students in class VIII of SMP Negeri 5 Tarakan. Emotional intelligence is the ability to recognize, express, and manage emotions, both one's own emotions and the emotions of others, with constructive actions, which seek to work together as a team that refers to productivity and not to conflict. This research used a quantitative approach with a descriptive type of survey research. The population in this study were all 8th-grade students of SMP Negeri 5 Tarakan, with a total of 276 students. Researchers used an emotional intelligence questionnaire. The sample was 163 students who were taken using a random sampling technique. The data analysis technique used descriptive statistical techniques. The results showed that the emotional intelligence of class VIII students of SMP Negeri 5 Tarakan was in the moderate category with a percentage of 39% in the interval 100-114, meaning that students were quite capable of recognizing their own emotions, managing emotions, motivating themselves, recognizing other people's emotions (empathy), and being able to foster good relationships with others (social skills), but still need coaching in order to improve students' emotional intelligence. Keywords: Intelligence, Emotional, Students

Detail Informasi