
Implementation Of English Language Learning Outcome Of Phase D On National Independent Curriculum At SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Maslinda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Indonesia berupaya mengembangkan inovasi melalui Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini telah diimplementasikan sebagai alternatif di semua lembaga pendidikan. SMP Negeri 5 Tarakan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum Merdeka sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan guru terhadap pelaksanaan penilaian hasil belajar Bahasa Inggris fase D dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Tarakan. Peneliti menggunakan desain kualitatif. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan dalam penelitian ini adalah guru melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, perspektif guru tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Fase D Kurikulum Merdeka dan yakin bahwa dengan dukungan dan strategi pembelajaran yang tepat, siswa dapat mencapai hasil pembelajaran bahasa Inggris di Fase D dan terus mengembangkan kemampuan mereka untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berbagai konteks.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Bahasa Inggris
Indonesia seeks to develop innovation throught the Merdeka Curriculum. This curriculum has been implemented as an alternative in all educated institutions. SMP Negeri 5 Tarakan is one of the schools that implements the Merdeka curriculum in accordance with the National Education Standards. This study aims to describe teachers’ persepctives on the implementation of phase D English learning outcomes assessment in the Merdeka Curriculum at SMP Negeri 5 Tarakan. The researcher used a qualitative design. This research uses interviews and documentation as data collection techniques. The informants in this study were teachers through interviews. The result of this study indicate that overall, teachers’ perspectives on the implementation of English learning in Phase D of the Merdeka Curriculum and are confident that with the right support and learning strategies, students can achieve English learning outcomes in Phase D and continue to develop their ability to use English in various context. Keywords: Merdeka Curriculum, English